Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Manfaat teh hijau – Minum teh hijau di pagi ataupun sore sebagai teman Anda membaca koran, browsing (searching) di dunia maya sangat nikmat terasa. Di balik kenikmatan apa saja sih bahan yang terkandung pada teh hijau yang berkhasiat bagi kesehatan kulit.  Teh memiliki khasiat bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit karena mengandung komponen bioaktif, yaitu polifenol dan kafein. Polifonel merupakan suatu kelompok antioksidan yang secara alamiah terdapat dalam sayur-sayuran, buah-buahan, dan minuman (teh dan anggur).

 

gambar cangkir teh hijau

Senyawa polifenol terdiri atas beberapa subkelas, yaitu flavonol, flavon, antosianidin, katekin, dan biflavin. Epigalo-katekin galat  dan quercetin adalah turunan katekin yang umumnya ditemukan dalam teh. Epigalo-katekin galat dan quercetin merupakan antioksidan kuat, 4-5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin E dan C.

Kafein merupakan komponen polifenol lain yang terdapat dalam teh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh yang mengandung kafein dapat menurunkan risiko timbulnya kanker pankreas. Teh juga dapat menghilangkan rasa kantuk, kepenatan dan rasa bosan, meningkatkan denyut jantung dan laju metabolisme, meningkatkan kapasitas kerja otot, dan meningkatkan pengeluaran asam lambung serta urine. Namun, konsumsi kafein dosis tinggi dapat berpengaruh negatif bagi kesehatan.

Untuk membatasi konsumsi kafein pada teh, dapat dilakukan dengan cara mengencerkan teh dengan air, susu, atau jus buah. Cara lain untuk membatasi konsumsi kafein adalah dengan mengonsumsi teh herbal.

Khasiat Teh Hijau Untuk Mencegah Kanker Kulit dan Kanker Paru-paru

Kandungan polifenol yang merupakan antioksidan yang kuat menjadikan teh sebagai minuman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi teh hijau bermanfaat untuk mencegah timbulnya kanker kulit dan kanker paru-paru. Berdasarkan penelitian, teh hijau memberikan perlindungan pada kulit hingga 90%. Teh juga sangat efektif melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker kulit.

Kulit mampu menampilkan daya tarik pertama pada diri seseorang. Oleh karena itu, menjaga dan merawat kulit agar senantiasa sehat dan cantik sangat penting untuk dilakukan. So, tidak ada salahnya anda mencoba menjaga dan merawatnya dengan minum teh hijau secara rutin.

Baca juga : artikel manfaat tomat untuk kesehatan

Artkel manfaat teh untuk kesehatan dan kecantikan disadur dari (Keen Achroni: Semua Rahasia KulitCantik dan Sehat ada disini)

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website