Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat buah tomat  – Mengkonsumsi buah tomat dalam porsi yang cukup sangat dianjurkan bagi siapa saja yang ingin memiliki kulit sehat nan indah penuh pesona. Buah tomat tidak hanya enak untuk di buat jus tomat, penambah sayuran masakan, atau mungkin masker untuk wajah anda.

gambar tomat segeer
gambar tomat

 

Berikut beberapa manfaat atau kasiat buah tomat, diantaranya manfaat tomat untuk kesehatan kulit wajah  yang  saya sadur dari buku “semua rahasia kulit cantik&sehat ada disini” karya keen achroni”.

Tomat memiliki kandungan gizi  antara lain vitamin B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalium, seng dan serat. Tomat juga mengandung likopen yang membuat buah ini memiliki warna merah merona.

Likopen pada tomat merupakan antioksidan yang bisa bekerja sebagai tabir surya dari dalam, yang berkhasiat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Antioksidan dalam buah tomat juga bermanfaat sebagai antipenuaan yang membantu memerangi kerusakan sel dan membuat warna kulit lebih merona.

Mengasup makanan yang mengandung likopen, seperti tomat, minimal 16 miligram per hari sangat dianjurkan, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di dalam ruangan ber-AC dalam waktu lama. Asupan makanan yang mengandung likopen ini dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Kandungan kalium pada tomat berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sedangkan vitamin C pada tomat dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh.

Tomat dapat pula digunakan sebagai masker untuk mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, mengatasi kulit berminyak, mengatasi komedo, dan menghaluskan kulit.

Selain tomat, buah nanas pun mempunyai mempunyai manfaat yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah.

gambar buah nanas broo
gambar buah nanas

 

Manfaat Buah Nanas

Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, nanas juga dapat diolah menjadi sirup atau selai. Nanas merupakan salah satu sumber vitamin A dan C yang sangat baik, yang merupakan antioksidan. Buah ini juga mengandung kalsium , serat, fosfor, magnesium zat besi, natrium, kalium dektrosa, sukrosa dan enzim bromelain. Enzim bromelain berkhasiat sebagai antiradang.

Kandungan pada buah nanas menjadikan buah ini bermanfaat/berkhasiat membuat kulit menjadi elastis dan mampu mengganti sel-sel kulit yang rusak dengan sel-sel kulit yang baru. Mengkonsumsi buah nanas secara teratur dapat membantu mengurangi flek-flek hitam penuaan dari garis-garis halus pada kulit.

baca juga artikel kesehatan lainnya : manfaat sulfur untuk kesehatan 

Semoga artikel singkat manfaat buah tomat dan nanas untuk kesehatan dan kecantikan bermanfaat bagi anda. So, keep spirit

Bagikan Yuuk!

    One thought on “Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah

    1. Beauticles.com April 2, 2014 at

      Ternyata nanas selain enak juga memiliki bnyak manfaat untuk wajah..

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website