Manfaat Vitamin A Sampai E Untuk Kulit

Jenis makanan dengan kandungan zat gizi apa sajakah yang bermanfaat untuk mejaga kesehatan kulit? makanan atau minuman yang baik untuk kesehatan tubuh umumnya bagus untuk kesehatan kulit. Namun, menurut para ahli, manfaat vitamin A, B2, B3, C, E  berkontribusi penting bagi kecantikan, kebugaran, dan kesehatan kulit

Manfaat apa sajakah terdapat pada Vitamin A sampai E? berikut beberapa manfaat vitamin yang berkhasiat untuk kesehatan kulit.

bayi sehat dengan vitamin yang cukup..
manfaat vitamin A untuk kulit

1. Manfaat Vitamin A untuk kulit
Berikut ini merupakan manfaat vitamin A bagi kulit:
– Vitamin A merupakan salah satu antioksidan utama yang mampu menetralkan radikal bebas. Dengan demikian, vitamin A bermanfaat untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini akibat radikal bebas.
– Berperan dalam pembentukan sel-sel kulit.
– Mencegah dan mengatasi infeksi.

Dampak kekurangan vitamin A pada kulit antara lain menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar, serta luka sulit sembuh. Bahan pangan yang banyak mengandung vitamin A antara lain hati sapi, minyak ikan, wortel, daun singkong, daun pepaya, daun melinjo, daun katuk, sawi, kangkung, bayam, ubi jalar merah, mentega, susu, mangga, melon, tomat, kuning telur, margarin, pepaya, semangka, ikan salem, dan belut.

2. Manfaat vitamin B2 untuk kulit
Vitamin B2 dikenal juga sebagai riboflavin, dan Vitamin B2 juga sangat bermanfaat untuk kulit antara lain:
– Menjaga kulit, kuku, dan rambut tetap sehat.
– Membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Masalah-masalah pada kulit, seperti luka pada sudut-sudut mulut dan bibir pecah-pecah dapat timbul akibat kekurangan vitamin B2.
Bahan pangan yang banyak mengandung vitamin B2 antara lain hati ayam, susu tanpa lemak, bayam, kol, gandum buncis, yoghurt, kangkung, telur, kedelai, tahu, daging sapi, kacang tanah, kacang hijau, daun katuk, dan teri nasi kuning.

3. Manfaat vitamin B3 untuk kulit
Vitamin B3 dikenal dengan sebutan niasin (asam nikotinat), niasin atau vitamin B3 sangat bermanfaat untuk kulitdiantaranya mungkin Anda belum tahu? seperti:
– Melindungi dan menjaga kulit agar tetap sehat.
– Memiliki sejumlah sifat antioksidan.

Masalah-masalah kulit yang timbul seperti timbul bintik-bintik merah, dermatitis, dan gejala-gejala kerusakan kulit lainnya dapat menjadi gejala terjadinya kekurangan vitamin B3. Area yang paling terpengaruh adalah area yang terkena sinar matahari.
Bahan pangan yang banyak mengandung vitamin B3 antara lain kacang tanah, teri, nasi kering, ikan kembung, ikan bandeng, ikan tawes segar, udang segar, daging ayam, daging sapi, hati sapi, hati ayam, beras, tempe, dan kacang merah.

4. Manfaat vitamin B5 untuk kulit
Vitamin B5 atau asam pantotenant dikenal sebagai vitamin antistress. Hal ini karena vitamin B5 berperan penting bagi aktivitas kelenjar adrenal, terutama dalam proses pembentukan hormon pengendali stress dan gangguan emosi lain. Vitamin B5 juga mempunyai banyak manfaat untuk kulit, diantaranya:
– Membantu luka agar cepat sembuh
– Menjaga kulit agar tetap lembap

Bahan pangan yang banyak mengandung vitamin B5,  antara lain hati sapi, hati ayam, ginjal sapi, daging, ayam, kuning telur, gandum, kedelai, kembang kol, kacang merah, ganggang laut, jagung, kentang, buah sukun, minyak biji bunga matahari, dan ubi jalar.

5. Manfaat Vitamin C untuk kulit
Vitamin C merupakan vitamin yang paling penting bagi sistem kekebalan tubuh serta pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh. Vitamin C memiliki banyak fungsi untuk tubuh, antara lain mencegah infeksi, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan membantu absorpsi kalsium. Banyak bukan manfaat atau fungsi vitamin C?  Selain manfaat yang tadi saya sebutkan di atas, ternyata vitamin C juga bermanfaat untuk kulit, diantaranya:
– Bersama protein, berperan penting bagi produksi kolagen.
– Mengatur glandula sabasea (kelenjar minyak) untuk menjaga kulit dari kekeringan.
– Membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput serta varises halus.
– Berperan dalam penyembuhan luka dan kekukuhan jaringan kulit.
– Berperan penting dalam membangun ketahanan tubuh terhadap infeksi.

Masalah kulit yang dapat timbul akibat kekurangan vitamin C, antara lain kulit menjadi kering, kasar, dan gatal, serta warna merah kebiruan di bawah kulit. Bahan pangan yang banyak mengandung vitamin C antara lain daun singkong, daun katuk, daun melinjo, daun pepaya, sawi, kol, kembang kol, bayam, kemangi, kangkung, tomat, mangga, kendondong, dan nanas.

6. Manfaat Vitamin E untuk kulit
Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas. Itulah sebabnya, vitamin E memiliki banyak manfaat untuk kulit, manfaat vitamin E  antara lain:
– Melindungi tubuh dan kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
– Membantu melembapkan kulit.
– Memperbaiki elastisitas kulit.
– Mengurangi munculnya keriput.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan timbulnya sejumlah gangguan kesehatan, antra lain sindroma neurologik sehingga terjadi fungsi tidak normal pada sumsum tulang belakang dan retina. Tanda-tandanya adalah kehilangan koordinasi dan refleks otot, gangguan penglihatan, dan gangguan bicara. Akan tetapi, penyakit akibat kekurangan vitamin E jarang terjadi karena vitamin ini terdapat luas di berbagai bahan makanan.

Artikel menarik lainnya : merokok itu tidak keren tapi berbahaya, stop merokok untuk hidup sehat

Bahan pangan yang banyak mengandung vitamin E, antara lain minyak tumbuh-tumbuhan, biji-bijian, kacang-kacangan, avokad, smargarin, mentega, sayuran, dan buah-buahan. Vitamin E mudah rusak oleh pemanasan, seperti proses penggorengan. Oleh karena itu, sebagai sumber vitamin E diutamakan bahan makanan dalam segar atau yang tidak terlalu mengalami pemrosesan.

Artikel manfaat vitamin a sampai e untuk kulit dikutip dari Keen Achroni: (semua rahasia kulit cantik dan sehat ada disini)

Baca juga : Manfaat sayuran untuk kesehatan kulit

Demikian artikel tentang manfaat vitamin A  sampai  E untuk kulit, semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website