Materi Analisa Proses Bisnis (PPT)

Pengertian Analisa Proses Bisnis merupakan suatu kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Dimana Analisa atau anilis adalah suatu kegiatan yang dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permasalahan (case yang ada). Proses merupakan urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya. yang menghasilkan suatu hasil. Sedangkan bisnis dalam ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Pentingnya Analisa Proses Bisnis

Analisa Proses Bisnis sendiri dikalangan Akademi atau didunia perkuliahan khususnya jurusan sistem informatika maupun teknik informatika sangat dibutuhkan sehingga mata kuliah ini wajib ada di setiap perguruan tinggi, terlebih pada saat mahasiswa menjalankan kegiatan KKP (Kuliah Kerja Praktek) pada sebuah instansi/lembaga/perusahaan baik itu swasta maupun negeri. Mengapa hal ini saya katakan penting? Karena dengan adanya analisa proses bisnis mahasiswa bisa menentukan kebutuhan apa saja yang diperlukan pada sebuah lembaga/instansi yang dijadikan tempat mereka melakukan KKP. Biasanya mahasiswa melakukan atau mendata proses yang berjalan (sistem berjalan) di tempat dia melakukan KKP, kemudian memberikan usulan (sistem yang diusulkan biasanya berbentuk program yang terkomputerisasi).

Baca juga : Materi etika profesi (PPT)

Cara Menganalisa Sebuah Proses Bisnis
Cara untuk menganalisa proses bisnis diantaranya Understanding the As IS System dimana sistem saat ini (current) yang belum atau sudah terkomputerisasi. To-be sistem: Sistem baru hasil perbaikan, sesuai kebutuhan.

Komponen Proses Bisnis
Komponen-komponen pada proses bisnis, diantaranya:
1. Tujuan : Suatu proses haruslah memiliki tujuan yang jelas atau untuk apa proses itu dikerjakan
2. Batasan : Boundary, scope, ruang lingkup proses harus terdefinisi dengan jelas, agar tidak keluar dari lingkup proses yang dianalisa.

input output analisa proses bisnis
3. Input: Sistem yang bekerja untuk memproses sesuatu haruslah memiliki input yang jelas. Input suatu proses disebuah sistem dapat berupa suara, kertas, sinyal ataupun data dengan media lain.
4. Output: Setelah input masuk ke dalam sebuah sistem kemudian akan diproses. Hasil dari pemrosesan akan menghasilkan output dari sistem. Output suatu proses di sebuah sistem dapat berupa kertas, sinyal atau media informasi lain.
5. Sumber daya: Manusia, perangkat keras, perangkat lunak, perangkat komunikasi dan jaringan serta data atau bahan yang diolah.

gambar SOP


6. Urutan Aktifitas: Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang. Bahkan memiliki SOP (Standard Operating Procedure).
7. Melibatkan lebih dari satu unit dalam organisasi: Suatu proses, melibatkan unit-unit terkait yang saling bekerja sama, berinteraksi untuk mencapai tujuan.
8. Menghasilkan suatu nilai untuk stakeholders: Selain memiliki tujuan, suatu proses juga harus menghasilkan nilai/manfaat bagi orang-orang yang berkepentingan. Contoh: untuk menghasilkan laba/keuntungan, untuk menunjang keputusan.

Artikel terkait: kumpulan skripsi sistem pakar 

Download materi analisa proses bisnis (PPT)
Untuk proses belajar dan pembelajaran, saya mempunyai beberapa materi analisa proses bisnis yang mungkin bisa Anda gunakan untuk makalah analisa proses bisnis, Analisa proses bisnis perusahaan atau mungkin Anda membutuhkannya untuk Contoh Analisa Proses Bisnis. Materi ini dilengkapi dengan Teknik Pengumpulan Data/Informasi, DFD , Activity Diagram, dan lain sebagainya.

1.Download Materi Analisa proses Bisnis 1 sebanyak 13 halaman.
2. Download materi analisa proses bisnis 2 sebanyak 20 halaman.
3. Download materi analisa proses bisnis 3 sebanyak 37 halaman.
4. Download materi analisa proses bisnis 4 sebanyak 11halaman.
5. Download materi analisa proses bisnis 5 sebanyak 28 halaman.
6. Download materi analisa proses bisnis 6 sebanyak 7 halaman.
7. Download materi analisa proses bisnis 7 sebanyak 24 halaman.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website