Materi Sistem Informasi Manajemen PPT

Definisi Sistem Informasi Manajemen – Sistem merupakan sekumpulan unsur/elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Atau sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran. Pembahasan kali ini berkaitan dengan materi sistem informasi manajemen yang nantinya bisa anda download dalam bentuk PPT (powerpoint) di akhir artikel ini.

Definisi Informasi menurut Raymod Mcleoad

R. Mcleoad mengatakan informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

Jenis-jenis informasi 
– Formal: yang dihasilkan dari dalam organisasi
– Informal : yang berasal dari luar organisasi

Ciri-ciri informasi
– Terbaru
– Tepat waktu
– Relevan
– Konsisten
– Penyajian dalam bentuk yang sederhana

Penggunaan informasi
– Low level managers
– Middle level managers
– Top level managers

Materi download lainnya : materi it support dan sistem pengkabelan

Definisi Informasi menurut pakar/ahli

Gordon B. Davis: Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

Jhon G. Burch: Informasi adalah hasil pembentukan penyusunan, pengorganisasian atau pengubahan data yang menambah tingkat pengetahuan.

Definisi Sistem Informasi 

Sistem informasi adalah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

R. Mcleoad menyatakan sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi

Konsep Dasar Informasi

Raymond Mcleod menyatakan tentang informasi sebagai berikut: Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

Fungsi-fungsi Informasi

Adapun fungsi-fungsi informasi adalah sebagai berikut:
– Untuk meningkatkan pengetahuan bagi sipemakai
– Untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan pemakai
– Menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari sesuatu hal.

Klasifikasi Sistem 

Suatu sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, yaitu:
1. Sistem Abstract (Abstract system) adalah sistem yang tidak tampak secara fisik, karena hanya berupa pemikiran atau ide-ide, contoh: sistem teologia yang merupakan suatu sistem yang menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan.
2. Sistem Fisik (Physical system) adalah sistem yang tampak secara fisik. Contoh: Sistem komputer, sistem produksi, Sistem pendidikan, dll.
3. Sistem Alamiah (Natural System) adalah suatu sistem yang terjadi dari proses-proses alam. Contoh: Sistem geologi
4. Sistem buatan manusia (Human made system) adalah suatu sistem yang dirancang atau didisain oleh manusia. Contoh: Sistem informasi
5. Sistem Deterministik (Deterministic System) adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diramalkan. Interaksi antar elemen-elemen dapat diteksi, sehingga outputnya juga dapat diramalkan. Contoh Sistem komputer.
6. Sistem Probabilitas (Probabilistic system) adalah sistem yang tidak bisa diramalkan. Contoh: Sistem manusia.
7. Sistem Tertutup (Closed System) adalah sistem yang tidak berhubungan dengan lingkungan luarnya.
8. Sistem Terbuka (Open System) adalah sistem yang berhubungan atau dipengaruhi oleh lingkungan luarnya.

Artikel terkait: Tutorial rekayasa perangkat lunak (RPL)

 

Konsep Dasar Sistem

Menurut Gordon B. Davis (1984) menyatakan bahwa sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud. Pendapat yang hampir sama dikemukakan oleh Raymond Mcleoad, menyatakan “Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu”. Jerry FitzGerald, menyatakan “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran.

Karakteristik Sistem
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yaitu:
– Komponen/elemen (Component)
– Batas sistem (Boundary)
– Lingkungan Luar (Environment)
– Penghubung (Interface)
– Masukan (Input)
– Pengolah (Process)
– Keluaran (Output)
– Sasaran (Objective) atau tujuan (Goal)

 Contoh Sistem
– Sistem komputer, terdiri dari elemen hardware, software, brainware
– Sistem Akuntansi
– Sistem transportasi, terdiri dari elemen jalan, kendaran, manusia

Sistem Informasi menurut pakar/ahli

 Mcleoad (1992) mengemukakan pendapat mengenai sistem informasi yaitu: “Sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi”.

Gordon B. Davis dalam bukunya yang berjudul Management Information System, mengemukakan pendapatnya sebagai berikut: “Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi”.

Konsep Dasar Sistem Informasi

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung oprasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Bila istilah sistem dan informasi digabung menjadi sistem informasi, maka bisa disimpulkan:
Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan“.

Model Umum Sistem

gambar model umum sistem

Baca juga: Tutorial sistem pakar

 

Komponen Sistem Informasi
Suatu informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building block), yaitu:
– Blok masukan (input block) adalah data-data yang masuk ke dalam sistem.
– Blok model (model block) adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
– Blok keluaran (output block) adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
– Blok teknologi (technology block) merupakan kotak alat dalam sistem informasi, yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian dari sistem secara menyeluruh.
– Blok basis data (database block) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu sama lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
– Blok kendali (control block) adalah pengendalian yang dirancang secara khusus untuk menanggulangi gangguan-gangguan terhadap sistem.
Sebagai suatu sistem, keenam blok tersebut masing-masing saling berinteraksi satu sama lainnya membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.

Peran Dasar Sistem Informasi dalam Bisnis
– Mendukung proses dan operasi bisnis
– Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya
– Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif

Download Sistem Informasi Manajemen

Tutorial ini dari STMIK Jakarta STI&K berbentuk ppt sebanyak 260 halaman, untuk mendownloadnya silahkan klik disini. Semoga artikel ini bisa Anda jadikan panduan untuk pembuatan makalah sistem informasi manajamen atau  dijadikan contoh makalah sistem informasi manajemen.

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Materi Sistem Informasi Manajemen PPT

    1. zu February 18, 2016 at

      Terima kasih kawan

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website