Materi Ujian Praktek Komputer, Erat Kaitannya dengan Kesempatan Kerja?

Sebagai siswa kelas 3 SMA/SMK/Sederajat yang akan menamatkan pendidikannya, tentunya banyak hal yang harus dilewati sebelum dinyatakan lulus, salah satunya  adalah Ujian Praktek Komputer. Ujian praktek ini sangat penting, karena erat kaitannya dengan kemampuan dan keterampilan siswa dalam mengaplikasikan ilmu komputer yang mereka dapatkan selama bersekolah. Terlepas dari fakta yang ada, bila siswa sudah menguasai atau dengan kata lain mahir ilmu komputer dan ingin bekerja setelah lulus sekolah, tentunya kesempatan mendapatkan kerja akan lebih terbuka.

Karena apa?

Karena memang dunia kerja urusannya dengan praktek, siapa yang terampil dan terbukti berhasil dalam ujian prakteknya..tentunya ini menjadi pintu gerbang untuk mendapatkan dan mencari lowongan pekerjaan seluas-luasnya.

Materi Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi Ujian Komputer

Dari informasi yang saya himpun dari beberapa sekolah yang ada di sekitar Jakarta dan Tangerang, meliputi SMA dan SMK. Berikut materi komputer yang paling sering diujikan:

1. Ms. Word

Sebagai program pengolah kata, tentunya siswa diharuskan bisa menerapkan aplikasi ini, dalam praktek ujiannya. Microsoft Word di dalam dunia kerja merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan, dalam pembuatan surat-menyurat, pembuatan proposal, dan lain sebagainya.

a. Mengetik Surat Lamaran Kerja

Untuk mahir dalam materi praktek Microsoft Word, Anda bisa belajar “cara membuat surat lamaran kerja”, silahkan baca:
contoh buat belajar adalah cara membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan ms. Word.

Pada artikel tersebut, Anda bisa mengatur penulisan surat lamaran kerja, seperti margin, spasi, dan lain sebaginya. Selain nantinya Anda terampil, tentunya ini juga menjadi bekal yang baik sebagai persiapan melamar kerja selepas lulus sekolah, bukan?

keyboard komputer

b. Mengetik cepat dengan MS. Word

Selain mengerti penggunaan tool yang ada di MS. Word, mengetik cepat menjadi materi ujian praktek komputer yang paling sering diujikan, terutama pada saat UKK (Uji Kompetensi Kejuruan), bagi siswa SMK.  Untuk materi ini, silahkan baca: posisi jari pada papan ketik (keyboard) untuk mengetik 10 jari

 

2. Ms. Excel

Program pengolah angka ini, menjadi materi yang tak terpisahkan dalam praktek komputer dan Materi yang sering diujikan. Pembelajaran menggunakan aplikasi ms excel sebenarnya telah diajarkan dibangku SMA/SMK/MA/sederajat dari mulai kelas xi, dan parkerin/prakteknya pun ada bila Anda dikelas 2. Bagi Anda yang duduk dikelas XI dan XII, berikut materi praktek yang bisa Anda pelajari di blog ini, diantaranya:

3. PowerPoint

PowerPoint merupakan program presentasi yang masih menjadi pilihan dalam praktek ujian komputer.  Untuk materi ini, Anda bisa mempelajari langkah-langkah pembuatan presentasi menggunakan aplikasi Ms. Powerpoint, baca:

Contoh presentasi Powerpoint dengan Ms.Powerpoint 2007

4. Internet

Materi praktek untuk internet, biasanya pembuatan akun email menggunakan GMAIL, saya rasa hampir semua siswa/i di sekolah mempunyai  email, walau memang selama ini, email yang dimiliki hanya sekedar untuk bersosmed atau mengirimkan tugas-tugas sekolah. Tetapi jangan salah loh, dengan Anda mempunyai email, nantinya Anda bisa gunakan untuk pembuatan akun melamar kerja secara online seperti di jobstreet atau melamar langsung via email ke perusahaan yang menjadi target Anda.

Selain praktek pembuatan Email..Alangkah bagusnya sih, kalau diganti dengan cara pembuatan blog gratis di blogspot, karena dengan membuat blog banyak hal yang bisa dapatkan: yang pertama, siswa otomatis harus punya Email untuk membuat blog. kedua, banyak lowongan kerja dengan syarat/reckruitmen mempunyai blog/web, dan tentunya ini bagus untuk portfolio dalam surat lamaran kerja yang Anda miliki.

Nah, bagi Anda yang sudah menguasai 4 materi di atas, semoga tidak kesulitan dalam menghadapi Ujian Praktek Komputer di Sekolah. Dan tentunya, Bila Anda mahir, bukan tidak mungkin banyak perusahaan yang siap menerima Anda menjadi karyawananya. Jadi, tentu saja Mahir Ujian Praktek Sekolah, Erat kaitannya dengan Kesempatan kerja, bukan?

Kuasaialah ilmu di bangku pendidikan sekolah sebaik-baiknya, agar menjadi bekal dalam mencari penghidupan yang lebih baik..

Share This

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Panduan Belajar Ms. Office | Sistem Pakar © 2017 Frontier Theme