Merokok itu tidak Keren tapi Berbahaya, Stop Merokok untuk Hidup Sehat

Anda seorang perokok? Bila Anda perokok  tentu sudah tidak asing dengan tulisan peringatan  bahaya merokok di papan reklame pinggir jalan raya atau bungkus rokok yang berbunyi  “Merokok Dapat menyebabkan Kanker, Serangan Jantung,  Impotensi, Ganguan Kehamilan dan Janin”. Mungkin tulisan peringatan tersebut tidak menjadikan Anda “takut” sehingga sedikit mengurangi apalagi untuk berhenti “konsumsi rokok” dan lebih parahnya lagi Anda merokok di tempat umum dimana asap rokok tersebut tidak hanya membahayakan Anda, tapi orang-orang  yang berada di sekitar Anda. Banyak asumsi/anggapan berkembang di masyarakat bahwa merokok bisa membantu mempercepat diet agar cepat kurus, teman setia dikala kerja dan berpergian atau Anda salah satu yang berfikir merokok itu terlihat kereeen seperti rockstar/ artis hollywood? Buktinya, semua itu tidaklah sesuai dengan kenyataan dan fakta yang ada. Selain merokok itu tidak membuat Anda  tambah keren, mungkin hal-hal berikut ini bisa membuka “mata Anda” untuk stop merokok saat ini dan detik ini juga.

Zat yang Terkandung dalam Rokok dan Bahayanya

Banyak riset dan hasil dari penelitian yang membuktikan bahwa merokok itu bisa menyebabkan penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek yang sangat tidak baik untuk kelahiran bahkan emfisema (keadaan /kondisi dimana kantung udara di paru-paru Anda secara bertahap hancur, membuat napas Anda lebih pendek). Selain itu, zat-zat kimia yang terkandung pada asap rokok dapat merusak kolagen dan elastin, dimana kolagen dan juga elastin merupakan pemberi manfaat pada kulit berupa kekenyalan serta elastisitas. Jadi, kalau kolagen dan elastin ini dirusak oleh asap rokok, otomatis kekenyalan dan elastisistas berkurang, kulit menjadi kendur dan muncul lekukan keriput yang dalam.  Lalu apa saja sih kandungan pada rokok yang menyebabkan begitu banyak penyakit berbahaya? kandungan dalam rokok dan bahayanya yang perlu Anda ketahui, untuk Anda berfikir jutaaan kali bila ingin terus atau mau coba-coba bagaimana rasanya merokok, diantaranya: Nikotin yang menimbulkan kecanduan juga mengandung bahan-bahan kimia yang bersifat racun. Sianida yang menyebabkan perokok sering  mengalami rasa nyeri  pada kepala, mual bahkan bisa muntah-muntah. Lalu ada Tar yang mengandung ribuan bahan kimia berbahaya.

Melihat begitu banyak kandungan rokok yang berbahaya, masihkah Anda ingin terus merokok?Atau Anda ingin mencoba mencicipi bagaimana rasanya menjadi seorang perokok?

gambar stop merokok
gambar anti rokok dari www.facebook.com/zombigaret

 

Stop Merokok di Tempat Umum dan Lingkungan Terdekat Anda

Sering kita melihat di jalan atau perempatan lampu merah, pengendara mobil, pengendara motor, bahkan penumpang angkutan umum yang “asyik” merokok tanpa perduli sekitarnya  terganggu dengan asap rokok yang dihisapnya. Atau mungkin seorang karyawan/pekerja yang asyik mengerjakan tugas-tugas kantor sambil merokok dengan disamping kanan kiri teman-temannya yang tidak merokok.  Mungkin mereka tidak sadar bahwa asap rokok yang dihisapnya, tidak hanya membahayakan kesehatannya, tetapi  juga orang di sekitarnya yang tidak merokok.

gambar dilarang merokok
Gambar dilarang merokok dari www.memesly.com

Di tempat-tempat umum maupun di instansi perkantoran swasta/negeri larangan untuk tidak merokok terpampang dengan sangat jelas, seperti: “Dilarang merokok Disini”. Tetapi kenyataan yang ada, masih sering kita temukan orang merokok di area yang jelas-jelas dilarang untuk merokok. Bila Anda bukan seorang perokok dan berada/sering di sekitar orang yang sedang merokok, pastinya Anda membenci hal ini, dikarenakan secara langsung Anda menjadi seorang perokok pasif. Dimana bahaya perokok pasif ini lebih berbahaya dari perokok aktif. Mungkin bila Anda kebetulan orang dewasa atau orang yang sudah tahu apa dampak/bahayanya menjadi seorang perokok pasif, Anda bisa langsung menegur perokok tersebut untuk tidak merokok di tempat umum atau Anda pergi menghindar/menjauh dari perokok tersebut. Tetapi, Bagaimana bila hal ini terjadi pada anak kecil atau orang yang tidak mengerti akan bahayanya rokok?

poster anti rokok selamatkan anak
poster anti rokok

Banyak orangtua perokok yang punya anak kecil tidak sadar atau menganggap remeh akan bahayanya rokok untuk kesehatan, seperti: merokok sambil menggendong anaknya, bermain atau bercanda ria bersama anak dengan rokok yang masih menyala di mulut atau membawa pekerjaan kantor ke dalam rumah, lalu mengerjakannya sambil menghisap rokok dengan asap rokok yang menyebar ke seluruh ruangan dalam rumah. Bila Anda adalah orang tua perokok itu, hentikanlah! Hal yang terus menerus Anda lakukan seperti itu lambat laun pastinya akan menuai bencana untuk keluarga kesayangan Anda. Karena Anda secara sengaja memberikan asap rokok kepada keluarga Anda, menjadikan mereka perokok pasif. Dengan tidak merokok di lingkungan rumah Anda, artinya Anda telah menyelamatkan satu keluarga dari bahaya rokok yang mematikan. So, merokok itu tidak keren tapi berhaya, Ok!

Anti Rokok Berkesempatan Pergi Ke Bali Gratis

Membudayakan anti merokok seperti yang telah digaungkan Zombigaret, bisa Anda lakukan dari hal terkecil dulu yaitu diri Anda sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat Anda. Lalu bagaimana bila Anda ingin menyebarkan budaya anti rokok lewat tulisan/artikel agar dampak merokok dan bahaya merokok  dibaca oleh lebih banyak  orang atau pengguna internet? Bila Anda punya blog/website bisa kok menyebarkan budaya sehat anti rokok dengan menulis artikel bahaya merokok sekaligus berkesempatan memenangkan hadiah menarik. Mau?? Baca baik-baik ya, berikut persyaratannya:

Ketentuan Lomba Menulis Artikel 

Lomba yang meminta orang-orang untuk membuat sebuah tulisan berupa diary sang Zombigaret. Tema cerita mengandung penyesalan si Zombigaret karena telah merokok begitu banyak sampai akhirnya ia harus hidup setengah mati. Adapun ketentuannya sbb:

  • Periode kuis terhitung tanggal 15 April – 15 Mei 2014
  • Sudut pandang pertama sebagai zombigaret
  • Alur bebas (maju, mundur, campuran)
  • Panjang tulisan 500 – 600 kata
  • Karakter zombie dalam naskah harus setidaknya menderita satu dari tiga penyakit sebagai berikut: Kanker mulut, kanker tenggorokan, atau kanker paru-paru.
  • Peserta hanya boleh mensubmit satu tulisan
  • Artikel yang telah dibuat, dishare linknya via message facebook zombigaret

Hadiah Lomba 

  • Pemenang 1 : Tiket Liburan ke Bali selama 2 hari 3 malam untuk dua orang.
  • Pemenang 2 : Uang tunai senilai IDR 1.000.000
  • Pemenang 3 : Uang tunai senilai IDR 500.000

So, tunggu apa lagi ikutan loombaanya yuuk ! dan Stop rokok untuk hidup sehat

Bagikan Yuuk!

    10 thoughts on “Merokok itu tidak Keren tapi Berbahaya, Stop Merokok untuk Hidup Sehat

    1. rohmat May 7, 2014 at

      Thank 🙂

    2. trian May 7, 2014 at

      Mantab… Ane mau donk kebalinya… Tp boleh dicoba nie rasanya berhenti merokok…bisa ga yaaa…

      • umar danny May 7, 2014 at

        bisa lah, kalau lagi naek pesawat ke bali pasti kaga rokok dah… 😛

    3. Hendri May 7, 2014 at

      Artikel yang bagus banget mas boss.
      waduhhh…serem juga….jd kepikir pingin berenti ngerokok.

      • umar danny May 7, 2014 at

        bisalah bos..apalagi kalo menang hadiahnya… :-p

    4. agung cumu May 8, 2014 at

      Wow Hadiahnya!!! Bikin artikelnya sambil ngerokok enak kali ya.. 😀

      Trims ya pak umar untuk artikelnya..
      menjadi bahan renungan saya untuk mencoba satu batang sehari..
      dan seterusnya..sampai bisa berhenti..

      • umar danny May 8, 2014 at

        mantaaab…perlu dicoba tuh kayaknya satu batang sehari

    5. Razzu May 10, 2014 at

      ini blog saya pak umar, saya baru buat nih barusan. 😀

      • umar danny May 10, 2014 at

        oke, jangan lupa ikutan lombanya…tulis artikelnya terus sharing ke inbox ke facebooknya zombigaret ya..

    6. bambang May 23, 2014 at

      lha pak dokternya aja jg ngerokok owq

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website