Obat Batuk Alami untuk Anak

Batuk merupakan reaksi tubuh terhadap benda asing yang terdapat di selaput lendir cabang tenggorokan. Batuk dapat pula disebabkan oleh bakteri ataupun alergi. Lalu obat batuk anak apa yang diberikan bila anak anda mengalaminya? Bila anak terserang batuk, lakukan hal-hal berikut.
1. Berikan anak air minum atau air yang telah dicampur dengan madu murni untuk diminum semampunya, yakni sedikit-sedikit tetapi sering.
2. Bila tersedia, teteskan obat yang mengandung garam dapur fisiologis ke dalam lubang hidung anak.
3. Hindari minuman karbonasi, seperti soda, dan minuman kemasan yang dapat mengiritasi kerongkongan.
4. Biarkan anak beristirahat di ruangan yang sejuk.
5. Berikan obat batuk dengan dosis yang dianjurkan.

gambar anak sehat  tanpa batuk
anak sehat tanpa batuk

Bagaimana mengobati anak yang tersedak makanan?
Tersedak makanan atau benda asing merupakan hal yang sering terjadi, tetapi tidak semua anak dapat mengeluarkan makanan dan benda asing tersebut sendiri. Bantuan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Duduk atau tengkurapkan anak di pangkuan.
2. Hentak punggung dengan telapak tangan beberapa kali hingga makanan dan benda yang menyumbat keluar.

gambar bayi tersedak
gambar dari www.inibayiku.com

Bagaimana mengatasi gangguan pernapasan bila anak tenggelam?
1. Angkat anak dari lokasi tenggelam, lalu baringkan.
2. Segera periksa pernapasan anak. Bila anak bisa bernapas, jagalah kondisi anak agar tetap hangat dengan mengganti baju dan menyelimutinya.
3. Bila anak tidak bernapas, segera lakukan pernapasan
4. Bila setelah diberikan pernapasan buatan anak belum bernapas, segera bawa ke rumah sakit.

Ketiga tips di atas, merupakan tips mengatasi/mengobati gangguan pernapasan, baik gangguan pernapasan untuk batuk, tersedak dan gangguan pernapasan akibat anak tenggelam dari dr. Adji Suranto, Sp. A.  (buku : Jangan Panik Bunda!). Jadi bila suatu saat Anda dan si buah hati mengalaminya, cara-cara tersebut bisa dilakukan.

Untuk konsultasi bayi atau anak anda secara online, silahkan anda klik konsultasi bayi online , di mana di website tersebut anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan media online layaknya anda berkonsultasi langsung dengan pakar kesehatan. Untuk cara penggunaan aplikasinya, anda bisa menuju ke cara penggunaan aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi terlebih dahulu .

Konsultasi bayi online merupakan contoh sistem pakar berbasis web, dimana semua data yang ada diambil dari hasil riset langsung ke klinik kesehatan, buku panduan manajemen masalah bayi baru lahir dari Departemen Kesehatan RI dan bertanya langsung ke dokter (interview narasumber). So,  semoga artikel obat batuk alami untuk anak singkat ini bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website