Pengaturan Microsoft Word Dalam Pembuatan Tulisan (Makalah, Skripsi, Jurnal)

Membuat sebuah tulisan menggunakan aplikasi pengolah kata seperti microsoft word, baik itu untuk makalah, karya tulis, jurnal, skripsi ataupun tesis umumnya ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Dan biasanya pihak yang memberikan ketentuan tersebut (universitas, lembaga pendidikan) memberikan sebuah panduan penulisan.

Mengenai hal tersebut di atas, beberapa perubahan yang biasa dilakukan diantaranya:

Merubah Ukuran ke Dalam Cm

Bila ukuran kertas masih menggunakan inc, mm dan lain-lain. Anda harus mengubahnya ke dalam centi meter (cm), karena umumnya ukuran yang digunakan untuk pembuatan makalah, skripsi, jurnal menggunakan cm. Silahkan pilih tombol office (office button) yang ada dipojok kiri paling atas microsoft word anda yang telah terbuka, setelah itu pilih word options

tombol office ms.word
tombol office ms.word 2007

Kemudian klik advanced, scroll kursor mouse ke bawah sampai ketemu display, lalu ubahlah tulisan inches ke centimeters. Seperti gambar berikut di bawah ini:

ubah ukuran inc ke cm
mengubah ukuran inchi ke centimeters

Baca juga : posisi jari pada papan ketik (keyboard) untuk mengetik 10 jari

Cara merubah ukuran inchi ke cm di atas, diterapkan bila anda menggunakan microsoft office 2007 yang terdapat tombol officenya dipojok kiri atas (office button). Sedangkan untuk merubah ukuran inchi ke cm di word 2010, 2013 dan veri terbaru, anda bisa menggunakan/mengklik customize quick access toolbar, seperti gambar di bawah ini:

customize quick access toolbar 2010

Langkah berikutnya, silahkan klik more commands, lalu anda akan dibawa ke halaman yang sama persis dengan tampilan ms word 2007, yaitu word options. Silahkan pilih Display dan scroll ke bawah sampai ketemu show measurements in units of: Lalu ubahlah inche ke cm.

Merubah Ukuran Margins dan Paper (Kertas)

Untuk merubah jenis kertas/paper yang digunakan, anda bisa memilih tab page layout klik margins Ubahlah sesuai dengan panduan penulisan yang diberikan oleh lembaga pendidikan tempat dimana anda bernaung. Biasanya untuk kiri/left dan top/atas adalah 4 cm, sedangkan kanan/right dan bawah/bottom adalah 3 cm.

Setelah margins dirubah, pilih paper, bisa menggunakan letter (kuarto), A4 dan Legal(HVS Panjang). Silahkan pilih sesuai dengan instruksi panduan yang anda terima.

Untuk ukuran legal, silahkan anda rubah dulu ukuran defaultnya, yaitu height/tinggi dari 35,56 cm menjadi 33 cm (custom margin)  dengan cara mengetik/menuliskannya langsung ke bagian tersebut. Mengapa? Karena kalau anda ukur menggunakan penggaris biasa, ukuran legal (F4) yang ada, memang hanya 33 cm lebih.

Merubah Ukuran Spasi (Jarak Baris Tulisan) Dan Paragraf

Untuk merubah spasi klik tab Home, lalu klik icon line spacing, seperti gambar berikut:

mengatur jarak tulisan
mengatur jarak tulisan

Untuk pembuatan skripsi, makalah spasi yang digunakan umumnya 1,5 sedangkan untuk jurnal kebanyakan spasinya adalah 1.

Selain menggunakan icon line spasing, anda bisa menggunakan keyboard dengan menekan kombinasi CTRL dan angka secara bersamaan untuk pengaturan spasi pada microsoft word. Contoh:

  • CTRL + 1 : digunakan untuk membuat jarak tulisan (spasi) sama dengan 1
  • CTRL + 2: digunakan untuk membuat spasi sama dengan 2
  • CTRL + 5 : digunakan untuk membuat spasi sama dengan 1,5 (satu setengah spasi)

Selain cara di atas..

Hal yang tidak kalah pentingnya, untuk memastikan apakah spasi tulisan yang Anda buat sudah sesuai dengan format pengetikan…

Cobalah blok semua area tulisan yang Anda buat, dengan cara memblok semua tulisan dari bagian yang paling atas sampai bawah, atau dengan menekan CTRL+ A (tombol CTRL dibarengi dengan huruf A pada keyboard). Setelah area terseleksi semua, klik kanan pada mouse lalu pilih paragraph seperti dibawah ini:

pilih paragraph ms word

Setelah mengklik paragraph, Anda bisa membuat pilihan spasi, dan umumnya default untuk ms. office word 2013 adalah multiple. Untuk itu Anda harus mengubahnya, silahkan klik tanda panah ke bawah, dan pilihlah spasi sesuai dengan format penulisan Anda, apakah Single (spasinya satu), double (spasinya dua) dan 1.5 lines (satu setengah spasi), setelah itu klik OK.

indents dan spasi

 

Untuk membuat paragraf pada tulisan, letakkan kursor pada tulisan yang ingin dijadikan paragraf, lalu kilik tab satu kali pada keyboard PC/laptop yang anda miliki. Bila tidak sesuai dengan keinginan, bisa menggunakan first line indent, lalu tarik sesuai jarak yang anda inginkan. Bila first line indent tidak muncul di microsoft word, silahkan anda klik tab View dan centang kotak ruler, agar ruler muncul dan first line indent bisa anda gunakan untuk merubah paragraf.

Artikel terkait: panduan belajar microsoft word 2007

Mengatur Font (Huruf), Size dan Perataan Teks (Alignment)

Untuk jenis font/huruf yang digunakan, paling banyak kita temukan semua panduan menggunakan huruf times new roman dan arial, untuk merubahnya, bila huruf di microsoft word anda defaultnya menggunakan calibri, silahkan ke tab home dan rubah ke times new roman atau arial.

Disebelah huruf, ada ukuran besarnya huruf (size) yang bisa anda rubah. Umumnya ukuran huruf adalah 12 untuk isi, sedangkan untuk judul/cover adalah 14.

Perataan teks yang digunakan adalah justify atau perataan teks kanan kiri, untuk itu anda bisa menggunakan keyboard dengan menekan Ctrl dan huruf J berbarengan. Selain cara tersebut, anda bisa menggunakan icon perataan teks, seperti gambar berikut.

alignment di ms.word

Keterangan icon di atas, dimulai dari kiri:

  • Perataan teks kiri/left, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan L berbarengan.
  • Perataan teks tengah/center, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan E berbarengan.
  • Perataan teks kanan/right, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan R berbarengan.
  • Perataan teks rata kanan kiri/justify, perataan teks yang paling banyak digunakan dalam penulisan, baik itu skripsi, makalah, jurnal, thesis dan sebagainya. Cara penggunaanya bisa dengan mengclik icon diatas, atau menekan berbarengan CTRL dan J pada keyboard laptop atau PC.

Point atau pengaturan penulisan menggunakan microsoft word di atas, merupakan pengaturan-pengaturan penting yang harus anda kuasai dalam pembuatan makalah, skripsi, thesis ataupun jurnal.

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Pengaturan Microsoft Word Dalam Pembuatan Tulisan (Makalah, Skripsi, Jurnal)

    1. Sandi Iswahyudi May 4, 2016 at

      informasi sederhana yang tak semua orang tahu cara menjalankannya. salam kenal mas

      • umar danny May 4, 2016 at

        @sandi iswahyudi: salam kenal juga mas..semoga sukses dengan mbolang nya.

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website