Pentingnya Sebuah Ide dan Tujuan Dalam Pembuatan Aplikasi

Ide dan tujuan membuat aplikasi – Sebuah aplikasi lahir dari sebuah ide. Ide yang didapatkan biasanya muncul dari permasalahan yang ada. Nah dari permasalahan yang ada, dicarilah sebuah solusi untuk memecahkan permasalahannya. Banyak aplikasi yang dibuat dan akhirnya membantu banyak masyarakat dalam lapangan kerja, sebut saja salah satunya jasa ojek online. Walaupun pada awal-awal kelahirannya menimbulkan pro dan kontra, tetapi sekarang ini terbukti banyak yang terbantu dengan jasa layanan ojek online ini.

Bagi anda yang bekerja sebagai pembuat aplikasi (web, dekstop, mobile) ide pembuatan aplikasi biasanya datang dari klien yang ingin dibuatkan aplikasi tertentu dan dengan tujuan tertentu. Lalu bagaimana bila anda mahasiswa yang sedang menjalankan tugas akhir alias skripsi?

Artikel terkait: tips sederhana agar skripsi lancar dan sukses

Ide dan Tujuan Membuat Aplikasi ( Tugas Akhir TI)

Sebagai mahasiswa khususnya yang mengambil jurusan teknik informatika (TI), membuat sebuah aplikasi/program adalah sebuah keharusan disamping pembuatan paper untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Membuat aplikasi untuk tugas akhir, tentunya harus dibarengi dengan kemampuan anda dalam menguasai bahasa pemprograman, baik itu yang berbasis desktop, website ataupun mobile. Bila anda kurang menguasai bahasa pemprograman, bisa juga dibantu dengan teman atau orang lain yang bisa dibidangnya, tetapi dengan catatan setidaknya anda harus pula menguasai metode/konsep yang dipakai dalam pembuatan skripsi anda.

Baca juga : untuk lulus skripsi, harus menguasai bahasa pemprograman atau cukup dengan metode

ide dan tujuan membuat aplikasi
Dalam membuat sebuah skripsi, tentunya ada latar belakang dan permasalahan yang diangkat bukan? Misalnya anda melihat banyak penyakit bayi di lingkungan sekitar anda. Lalu munculah ide anda untuk mengangkat topik ini menjadi sebuah skripsi. Setelah ide dan topik anda temukan, buatlah sebuah penyelesaiannya dengan cara menuangkannya ke dalam aplikasi (program). Bila anda menguasai bahasa pemprograman PHP dan databasenya MySQL, angkatlah topik tersebut ke dalam ranah internet dengan membuat aplikasi berbasis web. Contoh: membuat aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web.

Dengan anda membuat aplikasi berbasis web, anda akan membantu banyak orang tua atau pengguna internet untuk menemukan solusi dari penyakit bayinya. Walau keakuratan aplikasi sistem pakar yang anda buat tidak dijamin 100 persen benar, tetapi setidaknya anda mempunyai tujuan dan manfaat dari skripsi yang telah dibuat. Satu hal yang perlu anda ingat juga, agar aplikasi yang anda buat muncul dan dibaca pengguna internet, pastikan aplikasinya telah anda hosting.

Ingat Satu Hal

Secanggih apapun aplikasi/program yang anda buat, tentunya hanya akan menjadi pengisi rak kosong bila ide dan tujuan membuat aplikasi tidak memberikan manfaat bagi orang banyak.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website