Perbedaan Seorang Pakar dengan Sistem Pakar

Pada tulisan pengertian sistem pakar telah dibahas ciri-ciri, keuntungan dan kerugian menggunakan sistem pakar. Pada tulisan tersebut, anda juga bisa mendownload ebook gratis lengkap tentang kecerdasan tiruan, dimana ebook tersebut berisikan AI (Artificial intellegence/ kecerdasan buatan), termasuk pembahasan sistem pakar. Nah, pada tulisan kali ini, saya akan sedikit mengulas perbedaan seorang pakar dengan sistem pakar.

aplikasi-aplikasi sistem pakar

Artikel terkait : tutorial sistem pakar

Seorang pakar dengan sistem pakar mempunyai banyak perbedaan. perbandingan kemampuan antara seorang pakar dengan sebuah sistem pakar dapat digambarkan dalam tabel di bawah ini:

Pakar Manusia Sistem Pakar
Terbatas waktu karena manusia membutuhkan istirahat Tidak terbatas karena dapat digunakan kapapun juga
Tempat akses bersifat lokal pada suatu tempat saja dimana pakar berada Dapat digunakan diberbagai tempat
Pengetahuan bersifat variabel dan dapat berubah tergantung situasi Pengetahuan bersifat konsisten
Kecepatan untuk menemukan solusi bervariasi Kecepatan untuk memberikan solusi konsisten dan lebih cepat daripada manusia
Biaya yang diperlukan untuk konsultasi sangat mahal Biaya yang dibutuhkan konsultasi lebih murah

Pengembangan penjelasan lebih lanjut mengenai keunggulan sistem pakar dibanding seorang pakar, yaitu:

  1. Sistem pakar bisa digunakan setiap hari menyerupai sebuah mesin sedangkan seorang pakar tidak mungkin bekerja terus menerus setiap hari tanpa beristirahat.
  2. Sistem pakar merupakan suatu software yang dapat diperbanyak dan kemudian dibagikan ke berbagai lokasi maupun tempat yang berbeda-beda untuk digunakan sedangkan seorang pakar hanya bekerja pada satu tempat dan pada saat yang bersamaan.
  3. Suatu sistem pakar dapat diberi pengamanan untuk menentukan siapa saja yang diberikan hak akses untuk menggunakannya dan jawaban yang diberikan oleh sistem terbebas dari proses intimidasi atau ancaman, sedangkan seorang pakar bisa saja mendapat ancaman atau tekanan pada saat menyelesaikan permasalahan.
  4. Pengetahuan (knowledge) yang disimpan pada sistem pakar tidak akan bisa hilang atau lupa, yang dalam hal ini tentu harus didukung oleh maintenance yang baik, sedangkan pegetahuan seorang pakar manusia lambat laun akan hilang karena meninggal, usia yang semakin tua, maupun menderita suatu penyakit.
  5. Kemampuan memecahkan masalah pada suatu sistem pakar tidak dipengaruhi oleh faktor dari luar seperti intimidasi, perasaan kejiwaan, faktor ekonomi atau perasaan tidak suka.
  6. Umumnya kecepatan dalam memecahkan masalah pada suatu sistem pakar relatif lebih cepat dibandingkan oleh seorang pakar manusia.
  7. Biaya menggaji seorang pakar lebih mahal bila dibandingkan dengan penggunaan program sistem pakar (dengan asumsi bahwa program sistem
    pakar itu sudah ada).

Semoga tulisan singkat perbedaan seorang pakar dengan sistem pakar, bermanfaat bagi anda yang telah berkunjung di umardanny.com

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website