Posisi Jari pada Papan Ketik (Keyboard) Untuk Mengetik 10 Jari

Sekitar tahun 2009 dan sebelumnya, jasa rental pengetikan banyak kita ditemukan di sekitar kampus dan pinggir jalan raya. Memang pada tahun tersebut harga laptop/pc masih terlalu mahal dan penggunanya pun tidak sebanyak seperti sekarang. Hal tersebut yang menyebabkan masyarakat kita (khususnya pelajar dan mahasiswa) banyak yang menggunakan jasa pengetikan atau rental pengetikan. Di samping hasil yang memuaskan, tulisan yang diketik pun jauh lebih cepat terselesaikan karena rata-rata dari mereka mengetik dengan 10 jari.

Pada tulisan kali ini, saya tidak membahas hiruk pikuk bisnis/usaha pengetikan, yang saat ini masih ada walau tidak sebanyak dulu. Tulisan yang saya buat kali ini bertujuan agar para pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat yang ingin lancar (bisa) mengetik dengan 10 jari dapat terbantu dengan artikel yang saya buat.

Posisi Jari Mengetik 10 Jari

Mengetik dengan 10 jari tentunya sangat diperlukan, saat kita bersinggungan dengan entry data, pembuatan proposal, skripsi, menjadi blogger/penulis, tugas kantor dan lain-lain. Selain mengetik 10 jari, pengetahuan menguasai aplikasi perkantoran  seperti ms. word dan excel akan sedikit banyak membantu Anda, mempercepat proses belajar mengetik menggunakan 10 jari. Sambil menyelam minum kopi, enak bukan? (hehehehehe)

Untuk terampil mengetik dengan 10 jari, langkah pertama yang harus Anda ingat adalah cara Anda meletakkan jari pada papan ketik (keyboard) untuk kemudahan pengetikan. Berikut saya sertakan tiga buah gambar yang menunjukkan letak/posisi jari mengetik 10 jari pada papan ketik yang benar.

Letak Jari Pada huruf ASDFG dan HJKL

gambar letak jari pada huruf asdfg-hjkl

Letak jari pada Huruf QWERT dan YUIP

gambar letak jari pada huruf qwert yuiop

Letak Jari pada Huruf ZXCVB dan NM<>?

gambar letak jari pada huruf zxcvb

Bila kita perhatikan dari ketiga gambar tersebut di atas, jempol kiri dan jempol kanan digunakan hanya untuk tombol spasi. Mudah bukan? (mudah dong, kan jempolnya aja……hehehehehe…).

Jadi, berlatihlah mengikuti instruksi dari gambar di atas yaitu menekan tombol huruf dengan jari yang benar. Pada awalnya, pasti Anda akan merasa canggung dan menemui kesulitan. Teruslah berlatih! Latihlah jari-jemari Anda hingga mahir benar. Kalau dari pengalaman saya dulu sih, biasanya trik yang saya lakukan membuka aplikasi office ms. word dahulu,  kemudian saya mulai mengarang apa saja yang ada di fikiran saya dengan tetap fokus jari berada di posisi sesuai dengan ketiga gambar di atas dan mata melihat ke arah monitor. Yakinkan hati kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak?? Jadi, saran saya, lakukan cara tersebut setiap hari selama minimal 1 Jam. Dijamin tidak sampai 2 bulan, Anda akan mahir mengetik dengan 10 jari.

Mengetik “10 jari” adalah mengetik huruf, bukan kata atau kalimat. Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, untuk mahir mengetik dengan 10 jari. Berlatihlah terus menerus.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website