Sejarah Android dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Apa itu Android? Android adalah salah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sejarah Android sendiri awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari google  yang membelinya pada tahun 2005. Pada tahun 2007 Android secara resmi dirilis bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance yaitu konsorsium dari perusahaan-perusaahaan Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak), dan telekomunikasi dengan tujuan untuk memajukan standar terbuka (open standard) perangkat seluler. Perkembangan Android sendiri sekarang ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan, bahkan boleh dikatakan sangat-sangat menakjubkan di dunia Industri perangkat seluler. Hal ini diditandai dengan banyaknya perusahaan seluler yang menggunakan aplikasi ini sebagai sistem operasinya.

Android merupakan sistem operasi open source (sumber terbuka), dan google merilis kodenya di bawahnya Lisence Apache. Dengan kode sumber terbuka atau open source maka lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.

Sistem Operasi Android sendiri sekarang ini, selain PHP dan Java banyak dijadikan mahasiswa (khususnya TI) yang sedang menempuh Tugas Akhir sebagai program untuk mendukung teori maupun praktek skripsinya. Dimana mahasiswa menerapkan konsep pembuatan program yang dirancang dalam bentuk teori, kemudian mengaplikasikanya ke dalam bentuk atau aplikasi berbasis mobile dalam hal ini ya Android salah satunya. Bagi Anda yang mau belajar Android atau sedang memerlukan ebook Android gratis, bisa mendapatkannya di Akhir artikel ini.

baca juga : kumpulan skripsi sistem pakar

gambar android fitur canggih
gambar android dari www.teknoup.com

Perkembangan Android dari Masa ke Masa

Android terus berkembang dari waktu ke waktu dengan perbaikan dan peningkatan fitur yang lebih baik. Dalam setiap rilisnya Android memiliki nama yang berbeda-beda. Sistem penamaan rilis Android sangat unik, karena menggunakan nama kudapan dengan huruf awal yang berurutan antara rilis satu dengan rilis lainnya. Sebut saja Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, dan Kitkat. Sistem penamaan yang memiliki huruf awal berurutan dalam setiap rilisnya ini mengingatkan kita pada sistem penamaan Ubuntu.

Secara ringkas berikut rilis Android dari awal sampai akhir, yang saya sadur dari Ebook Gratis “Android Ninja Tips dan Trik Pilihan” karangan Eri Bowo, berikut ini:

Android 1.0

Rilis komersial pertama dari Android, rilis pada 23 September 2008 memiliki fitur kunci, antara lain: Android Market, Web Browser yang mensupport HTML dan XHTML,  Dukungan terhadap kamera, Wallpaper dan icon aplikasi dapat dikelompokkan ke dalam sebuah folder.

Android 1.1

Rilis pada 9 Feburari 2009, Dengan fitur kunci,  antara lain: Kemampuan untuk menyimpan attachment pada pesan, informasi detail pada peta dan memunculkan/menyembunyikan dialpad

Android 1.5 Cupcake

Rilis pada 30 April 2009, dengan fitur kunci, antara lain: Dukungan terhadap virtual keyboard pihak ketiga, integrasi home screen dan widgets, mendukung penggunaan folder pada home screen, dukungan terhadap stereo bluetooh, copy paste pada web browser dan kemampuan untuk memutar dan merekam video.

Android 1.6 Donut

Rilis pada 15 September 2009, dengan fitur utama, diantaranya: Quich search box untuk melakukan pencarian cepat, perbaikan antar muka kamera, integrasi kamera, perekam video dan galeri. Kemudian ada perbaikan google play (android market), indikator penggunaan baterai dan mesin text to speech.

Android 2.0 – 2.1 Eclair

Rilis pada 26 Oktober 2009, dengan fitur kunci, diantaranya: Google maps navigator (masih dalam tahap BETA), perbaikan browser, dukungan terhadap penggunaan multi akun, peningkatan kinerja keyboard, pencarian SMS dan dukungan terhadap Microsoft Exchange.

Android 2.2 – 2.3 Froyo

Rilis 20 Mei 2010, dengan fitur utama, diantaranya: Dukungan terhadap Adobe Flash, hotspot portble, keyboard multi bahasa, perbaikan kecepatan dan performa sistem operasi Android. Kemudian fitur lainnya ada peningkatan dukungan terhadap microsfot exchange.

Android 2.3 – 2.3.7 Gingerbread

Rilis 6 Desember 2010, dengan fitur kunci, diantaranya: Perbaikan antar muka atau user interface, dukungan terhadap NFC, dukungan terhadap SIP VOIP, kemampuan input teks yang lebih baik dan lebih cepat, peningkatan fitur copy dan paste.

Android 3.0 – 3.2 Honeycomb

Dirilis pada tanggal 22 Februari 2011, dengan fitur kunci, diantaranya: antarmuka atau user interface yang dirancang khusu untuk tablet, action bar, peningkatan fitur multi tasking, update aplikasi Android standar, fitur copy paste yang lebih baik dan desain ulang keyboard.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011, dengan fitur kunci, diantaranya: Peningkatan fitur multi tasking, unlock perangkat menggunakan software pengenal wajah (face unclock), widget yang bisa diubah ukurannya, Android beam yang akan memudahkan pertukaran data hanya dengan menempelkan perangkat, peningkatan kinerja dan opsi email, perbaikan input teks dan suara dan fitur soft button (tombol virtual) yang dapat menggantikan tombol fisik.

Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean

Dirilis pada 9 Juli 2012, dengan fitur utama, diantaranya: Fitur notifikasi yang lebih lega dan kaya fitur, google now, offline voice dictation (pendiktean suara secara offline), user interface yang lebih halus, fitur penempatan widget yang lebih pintar, multi user untuk tablet, lockscreen widget, daydream, dukungan terhadap OpenGL dan Bluetooth smart Ready

Android 4.4 Kitkat

Rilis pada tanggal 31 Oktober 2013, dengan fitur utama, diantaranya: Tampilan antara muka yang lebih fresh, performa yang lebih baik untuk perangkat lawas, kemampuan mencetak secara nirkabel (wirelss printing), NFC Host Card Emulation yang dapat menggantikan smart cards, Browser menggunakan chromium engine, fitur screen recording, dukungan terhadap virtualisasi mesin/virtual machine, peningkatan fitur auto focus camera dan peningkatan keamanan dan performa.

Artikel terkait : tutorial mysql pdf bahasa indonesia, untuk mendownloadnya silahkan klik disini

 

Download Ebook Android Gratis 

Ebook untuk Android yang saya bagikan (share) ada 2 ebook,  diantaranya:

1. Ebook android dengan judul “Panduan Pemrograman Android” karya Candra Adiputra(candra.web.id) sebanyak 104 halaman, silahkan klik di SINI untuk mendownloadnya.

2. Ebook gratis “Android Ninja – Tips dan Trik Android Pilihan” merupakan karya Eri Bowo (www.eridesktop.com) dengan format PDF,  Bahasa Indonesia dengan jumlah halaman 274. Oh ya, biasanya di umardany.com saya selalu memberikan Link Download,  dimana Anda bisa mendapatkan file-file yang saya Upload di box.com, tetapi untuk kali ini saya hanya memberikan Link yang  nantinya Anda bisa mendownloadnya di sana secara langsung dan membaca sinopsis serta spesifikasi ebook gratis Android tersebut. So, bagi Anda yang ingin mendownloadnya silahkan copy link ini http://eridesktop.com/android-ninja/di browser kesayangan Anda.

Sumber : Sejarah Android dan Perkembangannya dari Masa ke Masa
1. Ebook Android Ninja karya Eri Bowo
2. http://id.wikipedia.org

Bagikan Yuuk!

    4 thoughts on “Sejarah Android dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

    1. Sunandar June 8, 2014 at

      tentunya makin update makin keren ya androidnya.. kepengen banget punya os kitkat tapi masih jelly bean nih

    2. Darrel August 12, 2014 at

      I see you share interesting content here, you can earn some additional cash, your website has big
      potential, for the monetizing method, just type in google – K2 advices how to monetize a
      website

    3. Juwita February 11, 2015 at

      makasih penjelasan mengenai sejarah dan perkembangan OS androidnya. pesat sekali ya perkembangannya, dan terus dinamis mengikuti pasar. btw saya mau tanya, seandainya saya beli handset ber OS Jelly Bean apakah aman jika dipake terus menerus tanpa melakukan update OS ke versi terbaru? terima kasih 🙂

    4. Rico May 29, 2015 at

      Terus-terusan ya perkembangannya sekarang udah lollipop aja. M nya apa ya :3

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website