Share Pengalaman Ngeblog dengan Hosting Pribadi

Gak terasa sudah 6 tahun lebih blog dengan hosting pribadi yang saya kelola ini eksis di dunia maya, dan pastinya banyak suka duka mewarnai perjalanannya. Mulai dari mencari hosting, domain, platform buat ngeblog, Monetize blog agar bisa terus eksis, dan lain sebagainya.

Awalnya, blog ini dibangun atas permintaan teman yang kebetulan waktu akan menjalani sidang skripsi dan butuh tempat untuk meletakkan file-file dan programnya di server hosting, karena dia merasa percaya, disuruhlah saya untuk membantunya.

Sebenarnya, semasa kuliah dulu saya pernah dapat job yang sama dari salah satu perusahaan untuk membuat website sederhana dengan html, dan ini merupakan pijakan untuk memberanikan diri membantu skripsinya.

image by: pixabay.com

Yang menjadi pemikiran saya waktu itu adalah masalah hosting-nya, karena waktu mengerjakan buat perusahaan, websitenya sering down padahal website yang dibangun berukuran sangat kecil. Harganya memang sangat murah/ sangat terjangkau dengan budget yang ada. Tetapi dari segi pelayanannya sangat tidak memuaskan.

Tentunya hosting ini bukan hal yang bisa dianggap sepele, bila waktu sidang skripsi tiba-tiba servernya bermasalah tentu saya yang akan menjadi kemarahan dan kekecawaannya, sebab gagal skripsinya…

Akhrinya saya putuskan mencari referensi di internet, server hosting murah tapi berkualitas, akhirnya ketemulah dengan salah satu penyedia layanan server hosting yang memang mumpuni dan masuk kategori web hosting terbaik di Indonesia.

Singkat cerita, teman saya lulus menjalani sidang skripsinya dan memang hosting yang dipakai cukup tangguh dan itu cukup membuat saya tersenyum karena kelulusannya.

Platfrom Blog?
Jujur saja, di awal membangun blog saya bingung apakah ingin menggunakan script html yang sedikit saya ketahui, menggunakan platform joomla atau CMS WordPress yang banyak digunakan oleh blogger di dunia. Keterbatasan tentang dunia blogging, membuat saya mencari-cari bacaan tutorial seputar blogging, khususnya platform yang dipakai untuk Ngeblog.

Akhirnya, pilihan jatuh pada CMS WordPress. Bukan tanpa alasan saya memilih wordpress, sebab dengan wordpress banyak tool yang bisa ngebantu seorang blogger tanpa ribet. Seperti SEO by Yoast sebuah tool untuk optimasi website di mesin pencari, tools untuk sharing blog ke media sosial, dan masih banyak yang disediakan oleh platform ini.

Tidak hanya itu, tutorial cara membuat blog professional dengan CMS wordpress ini sangat-sangat banyak sekali berteberan di internet, dan ini tentunya sangat memudahkan bagi anda yang kebetulan baru membuat blog dan tidak mengerti atau paham dengan coding. Dengan CMS WordPress, para pemula (newbie seperti saya dulu) dapat membuat blog, mengelola blog, mempercantik blog, optimalisasi blog, dan mengamankan blog dengan lebih mudah tanpa pusing memikirkan script html dan PHP.

Terbukti sampai sekarang, alhamdulillah saya masih bisa ngeblog dengan menggunakan CMS WordPress ini, dan dari wordpress inilah cikal bakal saya mengenal monetize blog pribadi dengan google adsense, toko online/dropship (masih ada di blog ini sampai sekarang), jasa online, dan lain sebagainya. Insyaalah suatu saat akan saya share lebih dalam….

Setelah teman saya lulus, hosting ini menganggur cukup lama dan bingung mau buat apalagi…. Apakah cuman penampungan file-file skripsi/program saja? Atau bagaimana?

Akhirnya saya putuskan untuk membut blog pribadi dengan nama sendiri, siapa tau suatu saat blog yang saya bangun ini bisa eksis dan syukur-syukur bisa menghasilkan rupiah..hehehe..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.