Tips Sederhana Agar Skripsi Lancar dan Sukses

Skripsi atau tugas akhir merupakan tugas yang dilewati setiap mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar sarjananya. Suka atau tidak suka setiap mahasiswa wajib untuk menyelesaiakannya, agar tercapai gelar sarjana yang diinginkan. Banyak mahasiswa yang gagal sebelum menyelesaikannya atau mundur sebelum mengambil skripsi. Dan banyak mahasiswa yang akhirnya DO (Drop Out) dari kampus karena tidak mampu untuk menyelesaikan dalam perjalanannya mengerjakan tugas akhir tersebut. Lalu bagaimana agar skripsi lancar dan sukses? mungkin beberapa tips singkat ini bisa membantu Anda yang sedang menghadapi Tugas Akhir/Skripsi

gambar skripsi lancar dan sukses

Apakah Anda salah satu mahasiswa yang sedang skripsi?

Bila Anda seorang mahasiswa yang sedang melakukan skripsi, dan bingung tidak tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar skripsi yang sedang Anda jalani sukses dan lancar tanpa suatu hambatan. Mungkin tips berikut ini bisa membantu Anda. Oh ya, tips berikut ini saya ambil menurut pengalaman pribadi dan teman-teman saya yang dulu sama-sama pernah menjalani hari-hari dengan yang namanya Tugas Akhir/Skripsi.

1. Pilihlah Dosen Pembimbing yang Senior

Inilah langkah pertama yang saya lakukan, yaitu memilih dospem (dosen pembimbing) yang sudah berpengalaman. Senior disini bukan dosen yang sudah tua ya! Tapi dosen yang memang punya wewenang lebih dibanding dosen-dosen yang lainnya. Biasanya dosen pembimbing yang senior mempunyai jabatan tertentu dan cukup strategis di kampusnya. Enaknya lagi kalau dosen pembimbing senior biasanya disegani/dihormati oleh dosen-dosen yang lainnya. Secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh pada saat proses sidang tugas akhir, dimana Anda akan diuji oleh dosen penguji dalam sidang Tugas Akhir. Bila dosen pengujinya saja sudah agak segan atau hormat kepada dosen pembimbing yang Anda pilih. Otomatis harapan Anda untuk lulus lebih terbuka bukan??

2. Pilih Judul Skripsi dengan Topik yang Anda Kuasai

Memilih sebuah judul skripsi atau mengambil sebuah tema/topik skripsi adalah tahap kedua dimana Anda diharuskan mengajukan judul ke dosen pembimbing yang telah Anda pilih. Banyak diantara mahasiswa mengajukan judul ke dosen pembimbing dan selalu di tolak dan di tolak lagi. Alasan ditolaknya pun bermacam-macam, diantaranya: judul yang diajukan sudah banyak, judul yang diajukan tidak ada manfaatnya dan lain sebagainya.

Jadi sebelum menghadap ke dosen pembimbing untuk berkonsultasi seputar judul dan materi, usahakan Anda sudah mengerti apa yang hendak Anda konsultasikan. Bila belum menguasai materi, silahkan baca referensi dari sumber-sumber yang akan memperkuat judul yang akan Anda ajukan. Seperti: Ke Perpustakaan kampus dimana banyak materi skripsi lulusan mahasiswa sebelumnya, toko buku yang memang menjual seputar materi dan judul yang Anda inginkan. Dan bisa juga Anda bertanya langsung kepada teman/senior yang telah terlebih dahulu lulus.

Catatan: Untuk Skripsi Teknik Informatika, khususnya sistem pakarĀ  bisa melihat contoh jadi skripsi yang telah dibuat pada artikel kumpulan skripsi sistem pakar.

3. Kerjakan Tepat Waktu, Jangan Bersantai !

Setelah judul Disetujui, kerjakanlah tahap demi tahap dimulai dari Awal (Bab 1) sampai Kesimpulan. Jangan buang waktu yang ada/mengulur-ulur waktu. Lakukan semuanya dengan kesungguhan, bila ada revisi/perbaikan jangan menunggu esok bila sekarang ada waktu untuk mengerjakan.

Melakukan bimbingan secara rutin dengan dosen pembimbing Anda sesuai jadwal yang ditentukan. Sehingga bila Anda kendala bisa diminimalisir dengan cepat.

Jika Anda bimbingan ke dosen pembimbing secara teratur, tentunya dosen pembimbing dengan segala kapasitas yang dia miliki akan mengenal Anda dan setidak-tidaknya akan memudahkan/membantu proses Anda dalam tahapan pembuatan skripsi dan dalam sidang tugas Akhir tentunya. Tak Kenal maka tak sayang!

4. Sharing dengan Teman-teman Seperjuangan Skripsi

Bila Anda menemukan kendala, biasanya akan lebih mudah bila Anda mempunyai teman yang kebetulan sedang skripsi di jurusan yang sama. Bertanyalah dan berbagilah Apa yang Anda kuasai dan Apa yang Anda tidak mengerti/tidak kuasai. Banyak masalah terpecahkan saat kita bersama-sama saling bahu membahu untuk menyelesaikannya bukan?

5. Amal, Berdoa dan Yakin

Setelah semua urutan 1 sampai 4 Anda kerjakan. Tentunya skripsi Anda sudah jadi bukan?? dan saatnya Anda sidang skripsi, dimana nantinya Anda harus mempertahankan skripsi yang telah Anda buat. Tapi sebelum Anda ada di ruang sidang, ada baiknya Anda beramal. Loh kok beramal? yah dengan beramal pintu kesuksesan akan terbuka. Berikanlah sedikit rezeki yang Anda punya dengan ikhlas kepada orang yang memerlukannya (anak yatim). Jangan lupa juga meminta doa kepada orang tua, walaupun terkadang orang tua tanpa kita minta didoakan, dengan sendirinya mereka akan mendoakan. Perlu Anda inget, doa adalah senjata selain anda menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu tentunya. Dan yang terakhir adalah Yakin! Yakin bahwa Anda pasti lulus!!!

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Tips Sederhana Agar Skripsi Lancar dan Sukses

    1. Minda July 30, 2015 at

      terimakasi atas saran dan artikel2nya,oh ya saya mau tanya ada ga contoh skripsi tentang sistem pakar penyakit gastritis (maag)..??
      ok terimakasi.

      • umar danny July 31, 2015 at

        @minda: terima kasih kembali, hmm..saat ini sistem pakar penyakit tentang maag belum ada, nanti kalau sudah ada akan saya upload di blog ini..

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website