Tutorial Adobe Illustrator CS Bahasa Indonesia PDF

Adobe illustrator – Salah satu program design yang paling dan juga banyak dipakai oleh designer grafis di dunia adalah program Adobe Illustrator yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Adobe Inc. Adobe Inc. juga membuat Photoshop, InDesign, Premiere, GoLive dan Acrobat. Adobe Illustrator dan Adobe PhotoShop sendiri adalah ‘leathel Weaphon‘ kalangan designer grafis. Sedangkan Acrobat adalah program untuk membuat dan membaca dokumen portabel yang dapat didistribusikan tanpa memandang platfrom si pembacanya. Dan InDesign adalah program untuk membuat dokumen publikasi seperti buku, majalah, katalog, koran dan lain-lain.

Sebagai program illustrasi vektor, Adobe Illustrator adalah perangkat lunak yang handal dalam mewujudkan kreatifitas dan imajinasi sang designer ke dalam bentuk gambar. Inilah program yang sangat disarankan ‘untuk dipakai’ oleh para kalangan design grafis. Berbagai kemudahan dalam membuat karya grafis dapat diwujudkan dengan bantuan tool-tool dan interfacenya yang simple.

Kompatibilitas

Salah satu hal yang menarik adalah jaminan kompatibilitas terhadap produk-produk Adobe yang lain juga ada. Dalam artian menu dan shortcut di semua produk Adobe memakai benang merah yang sama atau satu interface program yang hampir sama dan boleh juga dikatakan hampir mirip. Itu artinya para user tidak akan kesuitan memakai produk dari Adobe bila ia sudah terbiasa menggunakan salah satu produknya. Misalnya, user yang terbiasa memakai Adobe Illustrator akan dengan mudah beradaptasi dengan interface program dan shortcut pada program Photoshop. Ini karena program-program tersebut masih berasal dari satu pabrik.

gambar desain

Hal Mendasar:perbedaan antara bitmap dan vektor

Hal mendasar sebelum mempelajari Illustrator adalah kita harus perbedaan antara grafik vektor dan grafik bitmap. Grafik vektor tidak akan mengalami penurunan kualitas bila dimensi gambarnya diperbesar karena tidak bergantung dengan resolusi. Sedangkan grafik bitmap atau raster akan mengalami penurunan kualitas bila ukurannya dibesarkan. Photoshop adalah ‘surga’ untuk menyunting file bitmap, sedangkan Illustrator sebaliknya – ‘tempat nongkrong’ yang cool untuk membuat grafik vektor. Resolusi minimal untuk gambar bitmap yang akan dicetak adalah 300 dot per inch (dpi). Sedangkan untuk keperluan tampilan di monitor (untuk web atau presentasi online) resolusi yang dibutuhkan bisa sekitar 75 dpi atau 150 dpi. Mana yang paling bagus? Tidak ada yang paling bagus ataupun yang paling jelek, semua tergantung kebutuhan pekerjaan/kreatifitas kita nantinya bila akan bekerja dengan artwork yang akan digeluti.

Shortcuts

Jalan pintas lewat keyboard disebut juga dengan shortcut. Biasakan menggunakan shortcut, karena akan memudahkan kita dan mempercepat proses kerja kita. Illustrator mempunyai shortcut yang mirip dengan program dari Adobe Inc. lainnya. Misalnya:

Menu Selection/Seleksi (V)…. Di mana (V) merupakan shortcut tombol keyboard dari menu Selection. Begitu seterusnya.

 

Artikel tutorial adobe illustrator di atas saya sadur dari  reza pahlevi (www.rezapahlevi.net), tutorial di atas bisa anda download dalam bentuk ebook dengan format pdf. Ebook adobe illustratos cs terdiri atas tiga bagian, sebagai berikut:

1. Bagian pertama sebanyak 22 halaman dengan isi: interface, menu dan tool pendukung. Untuk bagian pertama bisa anda download tutorialnya di sini

2. Bagian kedua sebanyak 16 halaman dengan isi : mulai menggambar, dimana pada bagian ini anda bisa mempersiapkan area kerja (artboard), menggambar dengan pen tool, menggambar dengan shape tool,  menggambar dengan line tool, transformasi objek, dll. Untuk bagian yang kedua anda bisa mendownload tutorialnya di sini.

3.  Bagian terakhir atau yang ketiga berisi: Pengolahan gambar lanjutan, diantaranya: blending, path blending, color blending, distorsi objek, distorsi objek dan transform (lanjutan), efek pada objek, efek 3D, dll. Selengkapnya bisa anda download bagian dari tutorial illustrator di sini.

Semoga artikel tutorial illustrator bahasa indonesia di atas bermanfaat bagi Anda. Keep spirit!!!

Bagikan Yuuk!

    22 thoughts on “Tutorial Adobe Illustrator CS Bahasa Indonesia PDF

    1. Goes Mul June 12, 2016 at

      Blog yang sangat bermanfaat

    2. helmi June 23, 2016 at

      sangat luar biasa, sangat membantu saya..

    3. JunGSa November 12, 2016 at

      Bagus Infonya.. sangat membantu…

    4. andespot November 19, 2016 at

      terimakasih banyak Min,,blog ini sangat membantu..

    5. prima plastik November 25, 2016 at

      bagus sekali tutorialnya sangat membantu. Salam dari Prima Plastik spesialist pembuatan map raport , map ijazah , map sertifikat dan cover agenda. Info lengkap di : http://www.mapraport.co.id dan http://primaplastik.com/map-raport-map-ijazah/

    6. jeflogo_Mdc December 2, 2016 at

      Terima kasih, mhon ijin download

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website