Tutorial AJAX PDF

Sebelumnya untuk tutorial ajax telah saya tulis, sebanyak dua kali yaitu: pada artikel basic yang diperlukan untuk belajar aJax dan Belajar PHP aJax jQuery PDF lengkap bahasa Indonesia dimana bagi Anda yang mungkin telah membaca atau mendownloadnya tentu tidak asing dengan dengan istilah/nama aJax yang pasti bukan nama kota atau grup sepak bola dari Belanda ya. Oh ya, Seharusnya saya mengupload tutorial aJax PDF  bahasa indonesia ini terlebih dahulu, karena pada tutorial yang nantinya bisa Anda download di akhir artikel, masih belum ada penggabungan seperti artikel sebelumnya (pure ajax). Tetapi karena saya baru melihat ebook atau turial aJax ini secara tak sengaja saat membuka file-file lama untuk keperluan teman yang sedang memerlukan beberapa data dari saya, ketemu deh dengan tutorial ajax ini. Oke, karena pengertian aJax, apa itu aJax dan lain-lainnya sudah di bahas walaupun memang sangat-sangat sedikit pada dua artikel tersebut, Sekarang saya akan mencoba membahas beberapa isi dari ebook/tutorial ini, diantaranya:

HTTP Request dan Dasar-dasar Respon

Untuk memahami konsep aJax, pertama kali akan dibahas mengenai bagaimana situs web merequest dan menerima respon dari web server. Saat ini standar browser untuk memperoleh informasi dari web server adalah berbasis pada metode HTTP (HyperText Transfer Protocol). Hal ini berarti bahwa browser menggunakan metode tersebut untuk mengirim request dan menerima respon dari web server.

gambar pemrograman ajax

HTTP bekerja seperti halnya email, yaitu ketika mengirim request akan terdapat header yang digunakan oleh web server. Oleh web server, header ini digunakan untuk mengetahui tugas apa yang harus dilayaninya dan bagaimana menghandle request dari HTTP.

Meskipun beberapa header bersifat optional, namun terdapat pula yang mutlak harus ada, misalnya host header. Header ini sangat penting karena akan digunakan web server untuk mengetahui tugas apa yang harus dilayani. Ketika request sudah diterima oleh server, selanjutnya server akan menentukan jenis respon yang akan dikembalikan kepada HTTP. Berikut ini beberapa jenis kode respon HTTP.

gambar kode respon http

Artikel terkait : Tutorial PHP Lengkap Bahasa Indonesia.PDF

Sedangkan untuk metode request HTTP yang umum digunakan antara lain POST dan GET. Metode GET sering digunakan untuk merequest sumber tertentu ke web server. Biasanya GET digunakan untuk mempassing value untuk diproses ke web server dan selanjutnya value itu diassign ke sebuah variabel untuk diproses oleh server. Sedangkan POST pada prinsipnya
sama dengan GET, namun metode ini ideal untuk value yang diperoleh dari isian form dan halaman web.

XMLHttpRequest

XMLHttpRequest merupakan metode request HTTP yang beroperasi di belakang layar (tanpa harus merefresh halaman web). Metode ini berwujud suatu obyek. Sehingga dalam hal ini AJAX merupakan konsep yang mendeskripsikan interaksi antara XMLHttpRequest (client side object) dengan server script seperti PHP, ASP dll.

Sayangnya, XMLHttpRequest ini memiliki bentuk obyek yang berbeda dalam beberapa browser sehingga dalam penggunaannya perlu penanganan khusus yang disesuaikan dengan jenis browsernya. Sebagai contoh, dalam IE obyek tersebut dinyatakan sebagai ActiveX Control. Pada Firefox dan Safari, XMLHttpRequest dinyatakan sebagai Javascript Object.

Untuk membaca lebih lengkap, silahkan download tutorialnya di bawah ini ya.

Download Ajax Tutorial PDF 

Tutorial/ebook ini sebanyak 45 halaman dibuat oleh rosihanari (http:blog.rosihanari.net), untuk mendownloadnya silahkan klik disini, Untuk source code programnya dalam bentuk zip silahkan Anda klik juga disini

Download Ajax and PHP 

Update 29 Juli 2015

Selain Materi Ajax di atas, Anda juga dapat mendownload materi cara mudah membuat entri tampil update delete dengan php dan aJax jquery (achmad solichin) klik DISINI

Sumber artikel : Tutorial aJax PDF

–  aJax Tutrorial karya rosihanari

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website