Tutorial Java Bahasa Indonesia PDF

Tutorial Java – Bahasa pemprograman Java pada awalnya dibuat oleh James Gosling pada tahun 1995 sebagai bagian dari Sun Microsystem Java Platform. Sintaks Java banyak diturunkan dari C dan C++ tetapi lebih sederhana, ketat dan umumnya mempunyai akses ke OS yang lebih terbatas. Hal ini karena Java ditujukan sebagai bahasa pemprograman yang cukup sederhana untuk dipelajari dan mudah dibaca.

Aplikasi Java ditulis sebagai file berekstensi .java yang dicomplai menjadi .class .file .class ini adalah bytecode yang bisa jalankan di semua Java Virtual Machine, tidak peduli apapun OS-nya ataupun arsitektur processornya. Java adalah bahasa yang ditujukan untuk semua kebutuhan, concurent, berbasis class, object oriented serta didesain agar tidak tergantung terhadap lingkungan dimana aplikasi dijalankan (OS dan processor).

Java mempunyai empat prinsip penting yang dijadikan sebagai tujuannya, keempat prinsip ini adalah:
1. Java harus “sederhana, object oriented dan mudah dimengerti”
2. Java harus “kuat dan aman”
3. Java harus “netral terhadap aristektur system (OS, processor) dan bisa jalan di manapun”
4. Java harus bisa dijalankan dengan “kinerja tinggi”
5. Java harus “interpreted, threaded dan dinamis”

Dengan kelima prinsip di atas, java mempunyai popularitas yang sangat tinggi terutama di dunia enterprise application. Dimana semua prinsip di atas sangat cocok untuk jenis aplikasi ini. Industri yang mempunyai budget tinggi untuk IT seperti perbankan dan telekomunikasi menggunakan Java secara ekstensif. Banyak aplikasi dengan skala raksasa dibangun menggunakan platform Java.

Baca juga : download tutorial java script

Netbeans Java Desktop Application Tutorial PDF

Kali ini saya akan berbagi ebook/tutorial dari  Ifnu Bima (ifnubima.org) yaitu: “Java Dekstop” Aplikasi POS Berarsitektur Three Tier Menggunakan Swing, Hibernate dan Spring. Buku ini berisikan 290an halaman lebih dan silahkan dibagikan (bentuk pdf pastinya), asal jangan digunakan untuk kepentingan komersil ya!!(pesan pengarangnya). Berikut isi ringkasan dari halaman buku Java Dekstop, yaitu:

Bab1 membahas tentang Java Fundamental, bab ini dibagi menjadi dua bagian besar: belajar sintaks java dan belajar OOP menggunakan java. Di dalam bab ini juga dibahas tentang java 5 language enhancement yang mencakup beberapa perubahan fundamental di dalam sintaks java.

Bab2 membahas tentang tools yang kita gunakan, Netbeans.  Bagaimana membuat project, menambahkan library, menambahkan library ke pallete, menggunakan editorBab 2 membahas tentang tools yang kita gunakan, NetBeans. Bagaimana membuat project,
menambahkan library, menambahkan library ke pallete, menggunakan editor dan debugger, dan seterusnya. Penguasaan akan IDE diperlukan untuk menaikkan produktiftas, tanpa penguasaan IDE yang baik, produktiftas tinggi susah untuk dicapai.

Bab 3 membahas tentang koneksi ke database menggunakan JDBC. Di bab ini mulai dibahas tentang design-pattern dalam membuat kode. DAO dan Service adalah design-pattern sangat penting dalam akses database. Dilanjutkan dengan membahas ORM, Hibernate dan Spring untuk akses data. Dengan menggunakan Hibernate, produktiftas programmer menjadi meningkat
drastis dibanding menggunakan JDBC murni. Spring digunakan sebagai “lem” untuk merekatkan berbagai macam komponen aplikasi, termasuk nanti digunakan sebagai tulang punggung arsitektur three tier.

Bab 4 membahas tentang Swing dan komponen-komponenya. Dibahas juga pattern MVC yang digunakan komponen Swing dalam mengolah dan menampilkan data.

Bab 5 membahas bagaimana membuat aplikasi POS. Dimulai dari membuat halaman master, dilanjutkan dengan membuat halaman pembelian dan penjualan. Bab 6 membahas bagaimana membuat report dengan JasperReport. Di dalamnya termasuk juga teknik mengcompile report yang dibuat secara otomatis menggunakan ant script bawaan dari NetBeans.

Bab 7 membahas bagaimana mengimplentasikan arsitektur three tier menggunakan Spring Remoting.

Bab 8 merupakan bab terakhir yang membahas bagaimana membuat installer menggunakan IzPack, sehingga aplikasi mudah didistribusikan dengan adanya fle installer. Pembaca bisa langsung meloncat ke Bab 3 kalau merasa sudah mempunyai dasar-dasar
pengetahuan sintaks java maupun OOP. Pembaca juga bisa melewati bab 4 kalau sudah mengetahui dasar-dasar komponen Swing.

Download Tutorial Java (PDF) dan Membuat Laporan Menggunakan IReport

Banyak kan, isinya??? Untuk download tutorialnya silahkan klik link download tutorial java pdf sebanyak 290 halaman lebih, dan bagi Anda yang mau download Tutorial Membuat Laporan di Java dengan Menggunakan IReport (PDF) sebanyak 23 halaman klik link ini.

Link Download Kedua

Bila link download di atas penuh/tidak dapat download, silahkan klik download disini

Untuk Download tutorial Java lainnya, silahkan baca terlebih dahulu tulisannya di artikel: Tutorial Java Lengkap PDF

Semoga artikel tutorial java bahasa indonesia pdf ini, bermanfaat bagi Anda.

Bagikan Yuuk!

    28 thoughts on “Tutorial Java Bahasa Indonesia PDF

    1. maskot April 16, 2016 at

      om umar ,izin sedot e-book nya …
      sangat membantu 🙂

      • umar danny April 16, 2016 at

        @maskot: silahkan, semoga sukses belajar javanya

    2. Sofyan April 23, 2016 at

      Saya doakan manfaat & berkah ilmu sampeyan, Om… 🙂

      • umar danny April 23, 2016 at

        @sofyan: Terima kasih doanya.

    3. Faizal May 12, 2016 at

      ijin sedot mas ilmunya 🙂

    4. Angga September 29, 2016 at

      ijin sedot mas 🙂 semoga ilmunya bisa bermanfaat (y)

    5. Nur Akbar October 3, 2016 at

      makasih banyak mas, ilmunya sangat brmanfaat. Semoga Perjuangannya dalam berbagi ilmu dijadikan ladang Amal hingga di akhirat. Amin.

    6. Yuu Nee-Chan November 13, 2016 at

      Terima kasih banyak ya mas >_<

    7. Darwin December 3, 2016 at

      ijin sedot gan,semoga kebaikannya mendapat balasan yang sangat baik.amin…

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website