Tutorial PHP Lengkap Bahasa Indonesia PDF (Series-2)

Melanjutkan Tutorial PHP lengkap bahasa indonesia, kali ini saya mencoba berbagi tutorial/ebook yang tidak kalah lengkapnya sekitar pempograman PHP. Tutorial PHP ini dilengkapi dengan cara instalasi AppServ, tetapi bagi anda yang ingin menggunakan XAMPP sebagai web server bisa baca artikel saya cara instalasi XAMPP.

Sebelum anda belajar PHP atau instalasi AppServ, ada baiknya Anda mengetahui tentang client side dan Server Side Programming.

Perbedaan Client Side dan Server Side Programming

PHP adalah bahasa pemrograman yang termasuk kategori server side programming, dimana script/programming tersebut dijalankan oleh server. Selanjutnya hasil pengolahan scipt/program tersebut akan dikirim ke client sebagai output.

Sebagai gambaran dari server side programming adalah sebagai berikut ini.

Misalkan Anda ingin membuat scipt/program untuk menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan PHP. Nah..andaikan Anda telah membuat form untuk input kedua bilangan dan membuat script PHP untuk mengolah kedua bilangan. Dalam hal ini, keduanya (form dan script PHP) sama-sama diupload ke server.

Selanjutnya misalkan anda seorang user yang ingin menjumlahkan dua bilangan, maka user tadi akan mengakses ke server. Apa yang diakses? Tentunya form input bilangan yang akan dijumlahkan. Dalam hal ini posisi si user adalah sebagai client. Nah…setelah si user mengisi bilangan pada form, selanjutnya dia mensubmitnya. Trus…kemana mensubmitnya? Karena Anda tadi membuat script PHP dan form input telah diarahkan ke script PHP tersebut, maka data input akan disubmit ke server untuk diolah menggunakan script PHP yang telah Anda buat tadi. Setelah input diolah (dijumlahkan), maka hasilnya akan kembali dikirim ke client sebagai output sehingga si user mengetahui hasil penjumlahan dua bilangan yang diinputkan melalui form tadi.

Penjelasan detail tentang cara mengaitkan antara form dan script PHP sebagai pengolahnya akan dijelaskan di bab tentang pemprosesan form di ebook ini.

Sedangkan client side programming merupakan kebalikan dari server side programming. Untuk client side programming, kita ambil contoh kasus yang sama dengan sebelumnya yaitu script menjumlahkan dua bilangan. Misalkan Anda membuat form input untuk memasukkan dua bilangan, serta script untuk menjumlahkannya. Selanjutnya keduanya ditaruh/diupload ke server. Misalkan ada user yang ingin menjumlahkan dua bilangan, maka dia akan mengakses ke server form input.

Karena Anda menggunakan script pengolah berjenis client side programming, maka script tersebut juga akan terakses oleh si user. Biasanya script ini diletakkan dalam satu halaman yang sama dengan form. Oleh karena itu bila si user mengakses form, maka script juga otomatis akan terakses. Setelah si user memasukkan bilangan ke dalam form, lalu dia mensubmitnya. Trus..kemana submitnya? Yap..submit ini tidak ditujukan ke server melainkan ke client itu sendiri dan diolah oleh script yang ikut terakses tadi. Kemudian hasilnya ditampilkan sebagai output.

Untuk menginstal PHP dan pendukungnya, Anda tidak perlu melakukan instalasi satu persatu, namun bisa langsung sekaligus semuanya, karena saat ini banyak tersedia software bundling yang di dalamnya sudah ada PHP server, Apache dan MySQL nya. Beberapa diantaranya adalah AppServ, XAMPP dan EasyPHP.

Cara Instalasi AppServ

Berikut ini cara melakukan instalasi AppServ di komputer Anda.

1. Download software AppServ ini di http://appservnetwork.com 
2. Setelah Anda mendownloadnya, silahkan double click file hasil downloadnya.
3. Secara default. letak file AppServ untuk instalasi ini adalah di C:\AppServ.
4. Bila pada instalasi AppServ muncul kotak dialog seperti ini, maka pilihlah semua option yang ada.

gambar instal appserv 1

Option tersebut menunjukkan software apa saja dalam AppServ yang ingin diinstal, dalam hal ini pilihlah semuanya (Apache, MySQL, PHP, server dan phpMyAdmin).

Catatan: phpMyAdmin adalah software untuk mempermudah pengelolaan database MySQL

5. Bila sampai pada tahap tampilan instalasi seperti di bawah ini
gambar instal appserv 2

Isikan Name Server nya denan nama Anda atau apalah sebarang/bebas. Nama itu nantinya dipakai sebagai nama server webnya. Sebaiknya jangan ada spasi untuk nama servernya. Nama server nanti bisa dipanggil di browser, misal kalau nama servernya ‘umardanny’, maka Anda dapat mengakses http://umardanny di browser Anda.

6. Selanjutnya apabila instalasi telah sampai pada tampilan berikut ini
gambar instal appserv 3

Isikan password untuk username: root guna mengakses database MySQL. Sebaiknya option Enable InnoDB Anda aktifkan supaya MySQL bisa mensupport relasi dan integritas antara tabel. Bila anda masih bingung apa itu InnoDb, silahkan baca artikel dan download tutorial MySQL nya di sini 

7. Apabila proses instalasi selesai, maka selanjutnya cobalah buka browser Anda dan arahkan URLnya ke http://namaserver atau http://localhost yang telah Anda berikan sebelumnya pada proses instalasi. bila browsernya menampilkan halaman berikut ini, maka instalasi AppServ sukses.
gambar install appsrerv 4

8. Halaman yang tampil di atas adalah hasil dari akses file index.php yang terletak dalam direktori C:\AppServ\www. Jadi..file-file web dan juga script PHP yang nantinya akan Anda buat harus diletakkan di direktori tersebut. Apakah bisa diletakkan di tempat lain? oh bisa saja…bagaimana caranya. Caranya adalah dengan mengatur konfigurasi di PHP dan Web Server (Apache).

Terlalu panjang kiranya kalau saya tulis semuanya disini, untuk lebih lengkapnya silahkan anda download ebook php lengkapnya di sini. Ebook tutorial ini merupakan ebook kedua yang saya upload. Ebook ini disusun oleh Rosihan Ari Yuana (http://blog. rosihanari.net).

Bila anda kesulitan untuk mendownload di box.com, silahkan download melalui link kedua yang saya letakkan di google drive, klik panduan praktis belajar PHP lengkap

Update 11 Juli 2014

Bagi Anda yang mau mendownload Tutorial Cara Membuat Laporan Excel dengan PHP dalam format PDF, silahkan klik link downloadnya di sini

Demikian artikel Tutorial PHP Lengkap indonesia, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin belajar php.

Bagikan Yuuk!

    8 thoughts on “Tutorial PHP Lengkap Bahasa Indonesia PDF (Series-2)

    1. Athyka Wattimena April 13, 2014 at

      Tutorial Ebooknya sangat membantu, makasih banyak-banyak KAK Umar

      • umar danny April 14, 2014 at

        iya, semoga membantu ya…

    2. Umar Danny April 14, 2014 at

      iya sama2…semoga bermanfaat ya ebook dan tutorialnya…

    3. wahyu May 31, 2014 at

      saya lg belajar php dkk secara otodidak karena kalau ikut kursus biayanya bikin ngeri.

      terima kasih atas ebook nya

      • umar danny May 31, 2014 at

        kalau kursus pemrograman yang online banyak yang murah kok sekaang mas.. 🙂

    4. erwin January 9, 2016 at

      gan link nya ga bisa di download

    5. yusuf October 7, 2016 at

      trims gan aku juga newbee

    6. ardi October 23, 2016 at

      makasii gan

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website