Tutorial Sistem Pakar

Beberapa hari belakangan ini, saya melihat data traffic (pengunjung) di blog/website ini melalui google analytic banyak yang mencari atau membuka artikel mengenai sistem pakar, baik itu tentang metode maupun aplikasi sistem pakar. Kemudian Selang beberapa lama, datanglah beberapa teman lama yang kebetulan dulunya satu kampus dan kebetulan mereka belum lulus dan sedang menjalankan skripsi di Tahun ini. Lalu mereka pun banyak bertanya seputar skripsi yang memang tidak jauh-jauh dari tema sistem pakar, yang kebetulan judul skripsi saya tentang sistem pakar, yaitu : “sistem pakar mendiagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web”. Ooh pantes saja traffic tentang sistem pakar meningkat, soalnya lagi  musim skripsi (gumam saya dalam hati). Nah, berangkat dari hal itulah tutorial sistem pakar ini saya jadikan judul artikel.

gambar kecerdasan buatan atau ai

Sebenarnya ebook/tutorial sistem pakar ini telah saya share (baca:bagikan) melalui beberapa artikel saya di blog ini, di antaranya ada di artikel tentang pengertian sistem pakar, tetapi mungkin ada yang belum tau/sempat mendownloadnya. Oleh karena itu saya coba share dengan cara menuliskannya kembali. Untuk memudahkan Anda mengetahui apa saja sih isi dari tutorial/ebook sistem pakar ini, berikut saya tuliskan kembali (ringkas saja), di bawah ini:

Daftar Isi Ebook Kecerdasan Tiruan

  • Bab 1: Pendahuluan. Berisi tentang pengertian dan Sejarah dari Artificial Intelligence (AI), aplikasi-aplikasi AI, kerja kecerdasan tiruan, dan lain-lain.
  • Bab  2: Logic. Berisi sejarah singkat logika, propositional logic, predicate calculus, first order predicate calculus. dll.
  • Bab 3: Vision. Berisikan tentang Visi komputer (computer vision), pengenalan bentuk dan bayangan, fileteringcontrast, dan shading, Sistem dua dimensi, dll.
  • Bab 4: Search. Berisi tentang Search yaituteknik-teknik search, Teknik pencarian Depth-First, Teknik Pencarian Bread-FirstHeuristikfunction heuristik, Teknik pencarian hill climbing, teknik pencarian least costbest first search, teknik pencarian minimax, dan algoritma minimax (position, depth, player).
  • Bab 5: Pemrosesan bahan alami (natural language processing/NLP). Berisi pengenalan NLP seperti parser state machineparser context-free recursive descent, parser noise disposal, dll.
  • Bab 6:  Sistem pakar (expert system). Berisikan tentang kategori inference engine seperti: deterministicprobabilistik, lalu ada dasar untuk pembentukan inference engine (forward channingbackward channingrule value) dll.
  • Bab 7:  Robotik. Berisi tentang Asimov’s 3 laws of robotics, sistem pusat urat syaraf, komputer vs otak, tipe robot, gerakan-gerakan robot, industri robot, autonomous robotpembuatan simulator robot (robot simulator) ,dll.
  • Bab 8: Machine learning. Berisikan jenis learning, bagaimana deskripsi kelas dipelajari, dan lain sebagainya.
  • Bab 9: Neural Network. Merupakan bab terakhir dari buku ini Berisi tentang implementasi, pemampatan citra, pengolahan sinyal, pemfilteran derau, routing traffic, dll.
  • Daftar pustaka

Baca juga : modul rpl ppt

Download Ebook Kecerdasan Tiruan (Kecerdasan Buatan)

Sistem pakar merupakan bagian dari ilmu artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Pada ebook ini, sistem pakar bisa Anda temukan pada bab 6. Ebook dengan judul aslli Artificial Intelligence(AI) ini berisikan 134 halaman dalam bentuk pdf, merupakan ebook/tutorial karya Ir. Siswanto (dosen univ. budi luhur jakarta).  Bagi Anda yang mau mendownloadnya silahkan klik link buku sistem pakar gratis, di sini . Ebook ini bisa Anda jadikan sebagai referensi contoh jurnal sistem pakar, makalah maupun proposal skripsi sistem pakar.

Keterangan: Buku kecerdasan tiruan karya ir. Siswanto telah di cetak untuk edisi kedua pada tahun 2010 oleh Graha Ilmu dengan penambahan pada BAB 10 yaitu AI Agent dan disertai soal-soal latihan yang tidak ada di ebook yang telah saya share.

Demikian sedikit ulasan tentang ebook sistem pakar ini, semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Tutorial Sistem Pakar

    1. hendri April 24, 2014 at

      betuk sekali mas umar danny.kebetulan saya lg skripsi nehhhh….lgi cri tutorial ttng sispak.makasih bnyk y mass…

      • umar danny April 24, 2014 at

        kok betuk?? betul kali ya?kayaknya saya kenal neh yang komen ini…tapi dimana ya??anak budiluhur juga ya mas??

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website