Tutorial Tipografi Desain Grafis Indonesia

Pengertian Tipografi

Tipografi adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Ahli Tipografi disebut tipografer 

baca juga : Tutorial dasar desain grafis (ebook gratis materi desain grafis)

Huruf dan tulisan memiliki arti amat penting bagi manusia. Bahkan, yang namanya peradaban atau masa sejarah ditandai denan peristiwa dikenalnya tulisan manusia.

ebook gratis tutorial tipografi
tutorial tipografi

Sejarah Tipografi

Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan akar dari bentuk Demotia, yang mulai ditulis dengan menggunakan pena khusus.

Bentuk tipografi tersebut akhirnya berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar keseluruh Eropa.
Puncak perkembangan tipografi, terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi.

Saat ini tipografi mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya. (dikutip dari : id.wikipedia.org/wiki/Tipografi)

Zaman sebelum ada tulisan sering disebut zaman prasejarah. Kalau anda melihat ke buku atau layar komputer, anda akan melihat huruf dan tulisan. Di jalanan pun anda akan tulisan. Di pakaian, di badan mobil dan pesawat terbang, bahkan di gua-gua purbakala anda bisa menjumpai tulisan. Selain gambar, HURUF adalah cara manusia berkomunikasi secara visual.

Type/Typeface dan Font

Huruf “A” atau “a” disebuah tulisan bisa berbeda-beda dari huruf “A” dan “a” yang lain. Keduanya adalah abjad alfabet yang sama, tapi jenis hurufnya berbeda. Bisa jadi yang satu lebih tebal atau gemuk dari yang lain, bisa jadi kaki-kaki hurufnya ada yang memiliki tangkai, atau lebih pendek atau lebih panjang dan sebagainya.

Sebuah jenis huruf yang sama kadang diberi nama tertentu (misalnya:Times New Roman). Jenis huruf ini disebut typeface, atau singkatnya tipe. Sekarang orang juga sering menyebut jenis huruf dengan font.

Di dalam dunia tipografi tradisional (nondigital), yaitu saat huruf dicetak menggunakan balok-balok logam, font memiliki arti lain kumpulan balok-balok huruf logam yang memiliki satu typeface dan satu ukuran tertentu.

Belakangan barulah orang-orang komputer memakai kembali istilah font untuk bidang tipografi digital.

Untuk artikel selengkapnya seperti contoh tipografi, teori tipografi, desain tipografi silahkan anda download ebook gratis tutorial tipografi, semoga artikel materi tipografi ini bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    3 thoughts on “Tutorial Tipografi Desain Grafis Indonesia

    1. baim March 7, 2014 at

      Wah berguna ini artikelnya

      • umar March 7, 2014 at

        tentu bang baim….thanks kunjungannya…

    2. Irfan August 16, 2014 at

      MAnteb nih…. Lagi belajar typografi…

      http://www.desainew.com/

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website