Umur 30an Lebih, Benarkah Peluang Mendapatkan Kerja Tertutup?

Melamar kerja, idealnya adalah setelah anda lulus dari kuliah atau setidak-tidaknya telah menamatkan bangku sekolah menengah atas/sederajat.

Tapi bagaimana bila anda telah bekerja…. tiba-tiba pihak perusahaan merumahkan anda? Karena alasan perampingan karyawan, perusahaan yang mengalami kemunduran/kerugian, dan lain-lain.

Tentunya hal ini menjadi pukulan tersendiri bagi anda yang telah berkeluarga atau anda yang telah menggantungkan gaji tiap bulan dari perusahaan untuk biaya hidup dan keperluan sehari-hari.

Di samping itu, faktor usia yang sudah tidak muda lagi atau usia anda di atas 30an lebih menjadi tanda tanya besar di batin dan hati……..

Bisakah melamar kerja dan cepat diterima di perusahaan yang baru? Mampukah bersaing dengan yang muda-muda?

Artikel terkait : cara melamar pekerjaan lewat internet

pusing-cari-kerja

Bagi anda yang mempunyai keahlian tertentu, usia atau umur berapapun mungkin tidak menjadi penghalang……….karena anda bisa mengandalkan keahlian yang dimiliki untuk melamar kerja atau bekerja untuk diri sendiri alias wiraswasta.

Untuk itu  tak salah apa yang dikatakan oleh Charles Darwin, berikut ini:

“It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent that survives. It is the one that is most adaptable to change”.

“Bukan yang paling kuat yang bisa bertahan hidup, bukan juga yang paling pintar. Yang paling bisa bertahan hidup adalah yang paling bisa beradaptasi dengan perubahan”

Ya memang, kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan, artinya……… kita dituntut untuk terus belajar, beradaptasi dengan cara yang benar, agar nantinya bila ada perubahan, apa yang kita inginkan sesuai dengan target/harapan……

 

Diterima Bekerja Karena Keahlian Photoshop

Melanjutkan tentang keahlian, saya punya teman yang bekerja sebagai Teknisi Komputer di salah satu perusahaan di daerah Tangerang, dekat perbatasan Jakarta dan Banten.

Perusahaan tempat teman saya bekerja mengalami kemunduran, akhirnya perusahaan tersebut mesti merampingkangkan karyawannya, salah satu yang dirumahkan adalah kawan saya tersebut.

Teman saya telah bekerja di perusahaan tersebut lebih dari lima tahun, dan pada waktu di PHK (Putus Hubungan Kerja) tahun 2013, dia mendapatkan hanya sekitar satu bulan gaji, ya kalau dihitung sekitar UMR Jakarta sekarang ini (2015).

Dengan uang segitu, tentunya hanya cukup untuk biaya hidup selama satu bulan. Belum lagi dia telah berkeluarga dan mempunyai satu orang anak yang masih kecil.

Akhirnya teman saya memutuskan secepatnya mendapatkan pekerjaan yang baru. Mulailah dia membuat surat lamaran kerja dan melamar dari satu kantor ke kantor lainnya.

Tidak hanya datang langsung (door to door),  tetapi dia juga melamar pekerjaan melalui internet, seperti: membuat akun di jobstreet, melamar pekerjaan melalui email dari alamat yang dia dapatkan dari kaskus dan juga dari informasi teman-teman dekatnya termasuk saya.

Artikel lain: Kuliah saat usia tak muda lagi, kenapa tidak?

Faktor Umur yang lebih dari 30Tahun

Memang teman saya ini, usianya lebih tua dibandingkan saya, tepatnya sih sekitar 2 tahunan. Tetapi itu semua tidak menjadi penghalang baginya untuk terus melamar pekerjaan.

Maju terus pantang pulang, kalau belum dapat kerja!!!

Singkat cerita….

Setelah dia melamar pekerjaan baik offline maupun online, dan menerima beberapa panggilan untuk test psikotest serta interview.  Teman saya gagal, dikarenakan usia yang tidak memenuhi persyaratan, mengapa? Karena persyaratan untuk diterima di perusahaan-perusahaan tersebut harus berusia maksimal 30 tahun.

Tidak percaya?

Cobalah anda melihat persyaratan melamar pekerjaan, hampir semua (walau tidak semua) perusahaan di Indonesia memberi persyaratan untuk perekrutan karyawannya dengan usia maksimal 30 tahun.

Tetapi teman saya tidak menyerah begitu saja, dia mencoba peruntungannya kembali, setelah melihat sebuah iklan di kaskus.

Di iklan tersebut dijelaskan bahwa perusahaan tersebut membutuhkan karyawan yang bisa photoshop tanpa embel-embel umur maksimal 30 tahun.

Kebetulan teman saya itu bisa sedikit photoshop walau tidak expert, tapi dia yakin bahwa dia mampu bekerja dengan menggunakan photoshop. Karena dia sering menerima pesanan gambar dari teman-temannya. Walau tidak sebagus yang sudah ahli, tetapi lumayanlah hasilnya, tidak mengecewakan.

baca juga: tutorial photohsop cs3 bahasa Indonesia

Akhirnya teman saya mengirimkan email ke perusahaan tersebut, selang 2 hari dia mendapat email balasan untuk menjalani test. Seminggu kemudian dia nyatakan diterima di perusahaan tersebut.

Kini, dia telah bekerja di perusahaan tersebut sudah 2 tahun dengan gaji UMR Jakarta. Dan saya ingat betul, waktu dia melamar pekerjaan dan mencari contoh surat lamaran pekerjaan, dia menggunakan surat lamaran pekerjaan yang tidak terlalu bagus atau biasa-biasa saja, tetapi tetap diterima, karena apa?  Skill/keahlian photoshop

Dari cerita di atas….Tentunya penting memasukkan keahlian/pengalaman disurat lamaran kerja sebagai referensi.

Masukkan Pengalaman/Keahlian Dalam Resume

Oh ya….Yang tidak kalah pentingnya, walaupun usia anda sudah diatas 30, bahkan mungkin diatas 38? Adalah resume…Yaitu sebuah rangkuman keahlian, pendidikan dan pengalaman Anda.

Tunjukkan bahwa Anda mempunyai keahlian dan pengalaman lebih dibandingkan kandidat lain. Umumnya resume bisa dituliskan terpisah, tetapi banyak juga para pelamar yang menggabungkan resume dengan CV. Dengan kata lain penulisan resume dijadikan satu dengan CV.

Resume sangat diperlukan saat melamar kerja secara online/offline, bila anda pernah melamar kerja melalui jobstreet, tentunya pernah melihat kotak/form isian untuk mengisikan resume.

Untuk melihat contoh pengisian form resume, silahkan baca tulisan: cara mempromosikan diri dan mengisi profil di jobstreet

Kesimpulan: Umur 30an bahkan lebih, tidak membatasi Anda untuk diterima pekerjaan di perusahaan yang baru.

Keahlian dan terus mau untuk belajar menjadi kunci keberhasilan menjalani tantangan hidup yang semakin keras ini.

Gunakalah fasilitas melamar kerja secara online seperti jobstreet, tentunya ini akan jauh lebih baik, daripada Anda harus door to door, dari satu pintu kantor ke pintu lainnya…

Yakin dan tumbuhkan selalu harapan bahwa Anda pasti bisa melewati kegagalan..


31 Replies to “Umur 30an Lebih, Benarkah Peluang Mendapatkan Kerja Tertutup?”

  1. Halo bg ummar. Sy br lulus s1 hukum usia skrg 31 thn. 4.5 tahun jualan online. Skrg sdh berhenti hbs modal.(bangkrut total) dulu waktu tamat smk pernah kerja di pt.pelayaran.dan notaris.bagian lapangan urus surat.dokumen .perijinan ke kantor2 dinas terkait. Tp semua kerjan itu hanya hitungan beberapa bln.
    . Saat ini sy butuh bgt kerjaan tuk rmh tangga sy.
    Yg jd masalah .sy merasa tidak PD dengan skil tanggung dan usia yg sdh 31 ini untuk melamar kerjaan.
    Mgkin bg ummar ada saran .
    Trmksh sblm nya .

    .

    1. @marwan: 1. kalau sekarang kondisinya, kerja serabutan atau apa?
      2. umur 31 tahun masih muda, kalau ga mau usaha/bisnis ya cari kerja, kalau ragu/kurang pede dengan skill lebih baik coba ngelamar lewat jobstreet, jangan takut dengan skill, karena skill atau keahlian bisa kita dapat bersamaan saat kita bekerja di perusahaan tersebut. Banyak kok pilihan kerja di jobstreet yang sesuai dengan minat/tidak setidaknya kemampuan anda.

      Lalu..
      3. kalau jualan onlinenya ga pakai strategi/riset pasar dulu biasanya agak susah..Udah pernah coba beriklan pakai facebookads (bisa facebookads)? atau menguasai setidaknya SEO/SEM?

  2. Assalamu’alaikum bang umar.. Selamat pagi. Saya mau bertanya, usia saya sekarang 28thn dan ingin sekali melanjutkan kuliah S1 dan kebetulan memang ada jurusan yang diinginkan ya itu IT. Kalau di hitung2 sampai saya lulusa bisa 33thn itu terlalu tua kan bang. Lalu apakah yg harus saya pilih. Lanjut kuliah atau tidak. Terima nasib saja begitu.. Dengan status SMK dan saya takut nnt tiba2 di pecat apa tidak lebih sulit dengan status hanya SMK. Mohon balasannya pak umar. Dan terimakasih

    1. walaikum salam ren. Ga usah ragu/takut untuk kuliah. Saran saya ambil kuliah kelas malam/karyawan, jadi tidak mengganggu jadwal kerjanya. Di tempat kuliah biasanya bertemu dengan banyak orang, selain tentunya mendapatkan ilmu pengetahuan. Dengan ilmu yang anda dapatkan, banyak harapan yang pastinya merubah pola berpikir, dan Insyaallah anda tidak hanya atau selalu bekerja untuk orang lain. Bisa saja nantinya anda menjadi bosnya. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Bisa saja anda bekerja cukup dari rumah dengan memperkerjakan banyak orang di era digital marketing sekarang ini. Karena itu, dapatkan ilmunya selama kuliah..Dengan ilmu insyallah dunia dalam genggaman.

  3. Halo bang. Sy ifo (laki-laki) tahun ini 27 thn. Saat ini sedang bekerja di bank daerah selama 2 thn 8 bln sbg back office. sy udh mengajukan resign tahun ini dikarenakan ada rencana menikah dgn rekan 1 kantor jg. (Walaupun tgl nikahnya blm ditentukan dan sptnya masih lama)

    Sy berpikirian karir sy di tempat tsb susah utk berkembang krn sy hanya bagian backoffice dan atasan sy penilaiannya subjektif (triwulan ini nilai paling buruk selama sy bekerja), pdhl sy udh berusaha kerja sebaik mungkin, bahkan backoffice hanya sy seorang yg menduduki posisi tsb (tdk dikasih partner kerja, pdhl tahun lalu katanya sy akan dpt partner biar ga kelabakan), tp malah dikasih penilaian pas2an dgn kerjakeras yg sy lakukan seorang diri.

    Sy juga akan dirotasi dibagian yg paling dibenci semua rekan kerja sy. Maka dari itu sy mengajukan resign, krn posisi tsb benar2 tdk sesuai dgn passion sy.

    Memang sy sedang melamar via online, tp agak khawatir juga krn wabah yg sampai skrg belum berakhir.
    Apakah tindakan yg sy lakukan terburu2?
    Tp sy benar2 kecewa dgn penilaian sy yg itu2 aja selama ini.

    Skill apa yg perlu sy tonjolkan di depan hrd jika sy mendapatkan panggilan interview dll.
    Krn sy merasa skill sy seperti kebanyakan org pd umumnya seperti ms office aja.

    Mohon masukan dan arahannya. Terimakasih.

    1. saran saya sih bertahan dulu sebelum dapat pekerjaan yang baru, atau minimal setelah ada beberapa panggilan kerja. Untuk Skill sekarang ini bisa ditingkatkan dengan cara kursus online (digital marketing, online shop dll), cari yang gratis aja dulu atau browsing untuk menambah skill anda.

      Untuk menjawab pertanyaan HRD, Tentunya dengan jawaban yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan kantor yang anda lamar yaitu office (word, excel)..Kecuali anda melamar bagian SEO, digital marketing, dan lain-lain.

  4. Assalamualaikum wr wb. Sy usia 31th dlu sebelm menikah sy bekerja d perbankan namun sy resign 6th lalu dan memutuskan menikah jdi ibu rt, masalahnya suami sy skrg meninggal otomatis tidak ada yg menghidupi sy dan anak2. Sy ingin sekali kembali mencari pekerjaan namun tidak pede dengan status dan usia. Bagaimana ya apakah dgn status dan usia sy masih memungkinkan untuk melamar pekerjaan?

  5. Assalamualaikum bang mohon saya mau tanya.. Saya lgi kuliah semester 6 di manajemen informatika. . Saya kuliah udah tua. . Nnti saya lulus sekitar umur 31 thun saya udah nikah. .. Saya bekerja di Pabrik otomotif bgian crane dan press.. .pengalaman saya hanya operator press otomatis dan crane.. . Skill saya sangat kurang sekali dibidang informatika. .. Kira kira setelah lulus saya hrus lnjut s2 apa ikut kursus tentang informatika.. . Saya g mau tua di pabrik jdi operator trus bang.. . PT ditempat saya juga udah susah untuk berkarir.. . Mohon pencerahan nya bang.. . Makasih bang

  6. Assalamualaikum bang

    Saya umur 28 tahun, saya pernah gagal kuliah, dan selama gagal kuliah tersebut saya pernah jadi mahasiswa abadi (7tahun).

    Saya sedang mencari kerja yg sesuai dengan latar saya (lulusan S.sospol)tapi agak susah, saya jujur tidak punya pengalaman kerja resmi…

    Dan saya tidak memiliki skill, selama 7 tahun gagal kuliah tersebut saya seperti NEET (Not in Education, Employment or Training). Saya sehari-hari rajin berselancar di internet tapi hanya sebatas berselancar dan membaca, tapi sudah 5 tahun belakangan saya tidak aktif bermedsos.

    Karena pandemi ini, training yang di saya ikuti dan diadakan oleh pemerintah jadi terhenti dan belum ada kepastian tanggal masuk. Maka karena ada desakan saya berniat untuk melamar pekerjaan. Namun,

    Saat ini saya sering terbentur dalam membuat CV/resume pada kolom pengalaman dan kemampuan (skill).

    Saya pernah kursus bahasa inggris dan kemampuan bahasa inggris saya tidak jelek…

    Menurut abang bagaimana yah?

    1. Walaikum salam..kondisi sekarang ini, memang tidak seperti tahun2 sebelumnya, tetapi kalau menurut hemat saya coba melamar pekerjaan lewat jobstreet atau media sosial lainnya karena akan lebih spesifik memilih pekerjaan dengan jurusan yang anda miliki. Selain itu, anda bisa mencoba mencari pekerjaan free lancer di situs-situs yang menyediakan pekerjaan yang dikerjakan dari rumah (online), biasanya sih ada tawar-menawar harga di dalamnya dan skill bahasa Inggris yang anda miliki bisa dimanfaatkan untuk komunikasi bila kliennya orang luar (silahkan browsing, saya lupa nama situsnya apa aja).
      Dan satu lagi, selain anda browsing mencari kerja, tambah skill dengan menguasai digital marketing (saya lihat anda sedang belajar membuat blog) Insyallah setidaknya kalau anda sudah menguasai keterampilan (blog/vlog/dll) anda bisa lebih berkembang dan menciptakan pelaung kerja sendiri tanpa harus bekerja dengan perusahaan/orang lain.

  7. Hallo kak saya febri usia saya 25 tahun 5 bulan. Punya pengalaman kerja sebagai ticketing di sebuah maskapai BUMN , dan pramugari di maskapai swasta. Dan posisi skrg sudah habis kontrak dan udah coba lamar di bank, tapi ragu minder karna batas usia maksimal yg diminta adalah 25 tahun. apakah mungkin akan dipertimbangkan , Atau apa umur itu memang udah harga mati ?

  8. assalamualaikum bang

    umur saya 27 tahun saya tidak punya keahlian apa apa lulusan sma dan saya pun belum pernah melamar pekerjaan resmi yang menggunakan surat lamaran kerja
    saya pernah bekerja serabutan
    saya ingin melamar pekerjaan resmi yang menggunakan lamaran kerja
    ada motivasi atau kiat kiat untuk melamar pekerjaan di usia tua ini…?
    terima kasih

  9. Bang saya umur 24 thn akhir bulan ini dan sedang jd maba 2020 dengan jurusan T.Elektro kls reguler trus sy juga kerja bg udh 3thn diprshan swasta jd teknisi, Krna jenjang krir juga gk jls bg takutnya umur 25 dicut krna udh 3thn pkwt.nanti tamat kuliah umuran28 THN bg klo pas waktu sih bg, saya ragu gtu bg bisa kerja umur sgtu dan klo pun andalan ijasah SMK juga susah kerjanya. Sarannya dong bg jd bingung bg mikirnnya 😞

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.