Waspada Penipuan Lowongan Kerja Online, Baca dan Kenali Cirinya!

Penipuan Lowongan Kerja Online ~ Mudahnya mendapatkan informasi lowongan kerja melalui internet nampaknya banyak dimanfaatkan oleh seseorang atau beberapa pihak yang mengambil keuntungan dengan menggunakan kedok ‘perusahaan’. Dengan banyaknya penipuan, jobstreet sebagai salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan kerja terkemuka di Asia, banyak memberikan tips agar para pelamar kerja waspada.

Oke, agar Anda lebih waspada dan berhati-hati dalam melamar pekerjaan, berikut beberapa tips mengantisipasi penipuan lowongan kerja yang saya rangkum dari jobstreet.

Artikel lain: contoh surat lamaran kerja dengan Microsoft Word 2007

1. Ciri-ciri Lowongan Kerja yang Tidak Aman

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang harus Anda perhatikan dalam mengidentifikasi lowongan kerja yang tidak aman:

lowongan kerja tidak aman
image by jobstreet

a. Perekrutan Berbayar

Mengharuskan Anda untuk membayar biaya dengan alasan apapun selama proses rekrutmen.

b. Meminta Data Pribadi tanpa Undangan Wawancara

Meminta detil pribadi Anda seperti akun bank, nomor KTP dan alamat rumah tanpa adanya undangan wawancara.

c. Diterima Tanpa Proses Wawancara

Penawaran kerja tanpa adanya lamaran dari Anda dan tanpa proses wawancara

d. Deskripsi Pekerjaan yang Tidak Jelas

Undangan wawancara yang tidak memberikan penjelasan mengenai posisi yang ditawarkan atau tawaran pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan selama proses rekrutmen. Selain itu, penawaran kerja tidak berhubungan dengan keahlian Anda, bisa menjadi hal yang patut dicurigakan.

e. Gaji yang Terlalu Tinggi dan Tidak Wajar

Penawaran kerja yang terlalu baik dan menawarkan gaji tinggi yang tidak wajar

f. Alamat Email dan Website Mencurigakan

  • Tidak adanya situs resmi atau media sosial perusahaan yang menjelaskan profil dan kegiatan perusahaan tersebut.
  •  Alamat email perusahaan yang gratis dan tidak sesuai dengan alamat email yang ada di situs resmi perusahaan tersebut.
  • Korespondensi email yang tidak profesional dan tidak mencantumkan detil kontak perusahaan seperti nomor telepon dan alamat kantor.

2. Hati – Hati Penipuan Saat Proses Rekrutmen Kerja

Pihak JobStreet.com tidak pernah memasang iklan perusahaan yang mengharuskan Anda untuk membayar biaya proses rekrutmen.

Waspadalah saat Anda menghadapi hal – hal di bawah ini:

a. Menggunakan nama JobStreet.com sebagai cara untuk mengharuskan Anda membayar biaya tiket dan akomodasi lewat agen perjalanan agar bisa mengikuti proses rekrutmen.

b. Mengaku mendapatkan lamaran Anda dari JobStreet.com

Contoh penipuan yang dilakukan via SMS

sms penipuan

Baca juga: cara mempromosikan diri dan mengisi profil di Jobstreet

3. Hati-hati Iklan Lowongan Fiktif

Dengan semakin canggihnya teknologi, waspadalah dengan pihak tidak bertanggung jawab yang menayangkan iklan lowongan fiktif, Selalu gunakan situs rekrutmen online yang terpercaya!

Berikut beberapa kategori iklan lowongan yang patut dicurigai:

a. Lowongan Fiktif

Iklan lowongan yang ditayangkan tidak ada atau sudah tidak aktif lagi. Selalu periksa tanggal penayangan iklan lowongan yang akan Anda lamar dan pastikan iklan tersebut belum kadaluarsa.

b. Lokasi Fiktif

Iklan lowongan yang ditayangkan memiliki banyak lokasi, namun perusahaan hanya mencari kandidat untuk satu lokasi saja. Berhati-hatilah dengan iklan lowongan dengan posisi yang sama tetapi memiliki banyak lokasi berbeda.

c. Posisi/Jabatan Fiktif

Untuk memberikan kesan bahwa iklan lowongan yang tersedia begitu banyak terkadang posisi yang sama diduplikasi dengan nama/jabatan yang berbeda. Waspadalah bila menemukan requirement & responsibilities yang sama identik tetapi posisi/jabatannya berbeda, kemungkinan besar itu adalah posisi yang sama.

4. HINDARI PERUSAHAAN FIKTIF

Berbagai informasi lowongan pekerjaan melalui media online nampaknya dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang hanya ingin mengambil keuntungan dengan cara menggunakan perusahaan fiktif.

a. Kredibilitas perusahaan

Cek terlebih dahulu apakah email undangan wawancara kerja menggunakan email perusahaan dan HRD mengundang menggunakan telepon kantor.

b. Posisi yang ditawarkan

Tanyakan dengan jelas perihal posisi yang ditawarkan, jangan sampai Anda datang ke sebuah wawancara kerja yang tidak sesuai dengan lowongan yang dipasang.

c. Adanya pungutan biaya

Modus ini yang paling sering digunakan dengan tujuan untuk menipu para pencari kerja dengan alasan pelatihan kerja atau biaya administrasi. Jika Anda mengalami hal ini segera laporkan kepada pihak yang berwajib.

Pastikan Anda hanya melamar pekerjaan melalui media yang terpercaya dan berkualitas agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terutama modus penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website