Pentingnya Penguasaan Aplikasi Perkantoran Untuk Memasuki Dunia Kerja

Belajar aplikasi perkantoran seperti microsoft office (Ms. Word, Excel, Powerpoint) telah diberikan saat kita berada dibangku SMP dan SMA. Bahkan diperguruan tinggi pun kita masih bertemu dengan aplikasi perkantoran (otomasi perkantoran) produk microsoft corporation ini. Walau banyak produk aplikasi office lainnya, seperti open office, tapi tetap saja kita lebih familiar dengan microsoft office. Banyak diantara kita yang mungkin sering mengabaikan betapa pentingnya menguasai aplikasi perkantoran, tidak hanya bagi pelajar/mahasiswa yang mungkin dituntut harus menguasi karena faktor ujian praktek komputer, tetapi dalam memasuki dunia kerja skill menguasai microsofoft office terutama ms.word dan ms. Excel sangatlah penting.

Artikel terkait: panduan belajar microsoft office 2007

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menguasai aplikasi microsoft office, diantaranya anda bisa bekerja sebagai entry data. Pekerjaan entry data tidak hanya ada di perusahaan, di sekolah ataupun lembaga pendidikan seperti tempat kursus atau universitas pasti membutuhkan orang-orang yang mempunyai skill microsoft office.

aplikasi perkantoran microsoft office 2013

Selain itu, keuntungan mempunyai skill aplikasi perkantoran adalah saat membuat surat lamaran pekerjaan di microsoft word, anda tidak perlu repot-repot mencari rental pengetikan untuk dibuatkan surat lamaran kerja. Tidak hanya itu, dengan menguasai microsoft office anda bisa membuka usaha rental pengetikan. Siapa tau nantinya usaha anda bisa berkembang dari rental pengetikan berlanjut ke usaha warnet, dan sebagainya. Bila sudah mempunyai usaha sendiri, anda tidak perlu mencari kerja, tetapi anda bisa memperkerjakan orang-orang di lingkungan sekitar anda.

Tidak hanya keuntungan yang telah saya sebutkan di atas, sekarang ini menguasai aplikasi perkantoran dalam dunia kerja sangat-sangatlah perlu. Bila anda bekerja menggunakan komputer, tentunya anda harus bisa aplikasi perkantoran, seperti menginput data yang diberikan dan membuat report/laporan dengan ms.word atau excel untuk atasan.

Tahapan untuk Menguasai Microsoft Office

Oke, bagi anda yang ingin menguasai aplikasi perkantoran menggunakan microsoft office, berikut tahapan yang harus anda kuasai, yaitu:
1. Mengetik dengan 10 jari. Untuk menguasai microsoft office alangkah baiknya bila jari-jemari anda terampil mengetikkan huruf-huruf yang ada di papan (keyboard) laptop/komputer. Tidak perlu expert, yang penting lancar saja tidak masalah, kecuali anda ingin membuka usaha pengetikan, mengetik 10 Jari wajib anda kuasai. Silahkan baca dan pelajari tulisan saya sebelumnya posisi jari pada keyboard untuk mengetik 10 jari.

2. Menguasai aplikasi perkantoran yang paling banyak digunakan di dunia kerja, umumnya yang paling sering digunakan adalah:

Dengan menguasai ketiga aplikasi microsoft office di atas (Ms.Word, Excel, Powerpoint), tentunya persiapan anda memasuki dunia kerja akan lebih siap, dikarenakan skill yang telah anda miliki.

2 Replies to “Pentingnya Penguasaan Aplikasi Perkantoran Untuk Memasuki Dunia Kerja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.