Contoh Tugas Manajemen Proyek Rekayasa Perangkat Lunak

Contoh tugas manajemen proyek pada tulisan kali ini, mengambil sebuah topik tentang software (perangkat lunak). Dimana tugas manajemen proyek ini, dibuat oleh mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman dari Fakultas Sains dan Teknik, Jurusan Teknik Program Studi Teknik Elektro. Berikut beberapa point penting yang saya rangkum dari tugas manajemen yang bisa anda download di akhir tulisan ini:

contoh proposal RPL
gambar dari www.redaksiwanita.com

Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)

1. Pendahuluan

Perangkat lunak kini sudah menjadi kekuatan yang menentukan. Perangkat lunak menjadi mesin yang mengendalikan pengambilan keputusan di dalam dunia bisnis dan berfungsi sebagai dasar dari semua bentuk pelayanan serta penelitian keilmuan modern.

2. Perangkat Lunak

Menurut Pressman pada tahun 2002, perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai berikut:

a. Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan.

b. Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional.

c. Dokumen yang menggambarkan informasi dan kegunaan program.

Karakteristik Perangkat lunak

Untuk memperoleh pemahaman tentang perangkat lunak (serta pemahaman tentang software engineering), penting juga untuk meneliti karakteristik perangkat lunak berbeda dari hal-hal lain yang dibangun oleh manusia. Ketika perangkat lunak dibuat, proses kreatif manusia (analisis, desain, konstruksi, pengujian) diterjemahkan ke dalam bentuk fisik. Jika kita membuat komputer baru, sketsa dasar, penggambaran desain formal, dan protipe bread boarder berkembang ke dalam suatu produk fisik (VLSI chip, papan rangkaian, catu daya, dll).

Perangkat lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen sistem fisik. Dengan demikian, perangkat lunak memiliki ciri yang berbeda dari perangkat keras:

1) Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik.

2) Perangkat lunak tidak pernah usang. Perangkat lunak tidak rentan terhadap lingkungan yang merusak yang menyebabkan perangkat keras menjadi usang.

3) Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada.

Komponen Perangkat Lunak

Komponen perangkat lunak dibangun dengan bahasa pemrograman yang memiliki kosakata yang terbatas, sebuah tata bahasa yang dibatasi secara eksplisit serta aturan-aturan syntax dan semantik yang dibentuk secara baik.

Aplikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak dapat diaplikasikan ke berbagai situasi dimana serangkaian langkah prosedural (seperti algoritma) telah didefinisikan (pengecualian yang didapat pada aturan ini adalah sistem pakar dan perangkat lunak jaringan syaraf syaraf kecerdasan buatan).

Baca: Ebook Kecerdasan Buatan

Memang cukup sulit untuk menentukan kategori umum untuk aplikasi perangkat lunak. Ketika kompleksitas perangkat lunak muncul, maka pengelolaan yang rapi menjadi hilang. Area perangkat lunak berikut ini menunjukkan luasnya aplikasi potensial.

1) Perangkat lunak sistem

Perangkat lunak sistem merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain.

2) Perangkat lunak real-time

Program-program yang memonitor/menganalisis/mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya disbut perangkat lunak real time.

3) Perangkat lunak bisnis

Pemrosesan informasi bisnis merupakan area aplikasi perangkat lunak yang paling luas. Sistem diskrit telah mengembangkan perangkat lunak serta sistem informasi management (MIS) yang mengakses satu atau lebih database besar yang berisi informasi bisnis.

4) Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan

Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan ditandai dengan algoritma number crunching. Perangkat lunak ini memiliki jangkaun aplikasi mulai dari astronomi sampai vulkanologi, dari analisis otomotif sampai dinamika orbit pesawat ruang angkasa, dan dari biologi molekuler sampai pabirk yang sudah diotomatisasi.

5) Embedded software

Produk pintar telah menjadi bagian umum bagi hampir semua konsumen dan pasar industri. Embedded software ada dalam read-only memory dan dipakai untuk mengontrol hasil serta sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri.

6) Perangkat lunak komputer personal

Pasar perangkat lunak komputer personal telah berkembang selama dekade terakir. Pengolah kata, multimedia, hiburan, manajemen database, aplikasi keuangan bisnis personal, jaringan eksternal atau akses database hanya merupakan beberapa saja dari ratusan aplikasi yang ada.

7) Perangkat lunak kecerdasan buatan

Perangkat lunak kecerdasan buatan (artifcial intelligent_AI) menggunakan algoritma non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung. Area kecerdasan buatan yang aktif adalah sistem pakar, disebut juga sistem berbasis ilmu pengetahuan.

Artikel terkait: pengertian sistem pakar

3. Rekayasa Perangkat Lunak

Rekasaya perangkat lunak merupakan sebuah teknologi yang dibentangkan. Banyak pendekatan keteknikan (termasuk software engineering) yang harus berada pada sebuah komitmen dasar menuju kualitas. Manajemen kualitas total serta filosofinya mengangkat budaya pengembangan proses yang terus menerus, dan budaya itu sendiri membawa kepada pengembangan pendekatan yang semakin matang terhadap rekayasa perangkat lunak. Landasan yang menopang rekaysa perangkat lunak merupakan fokus pada kualitas.

Pandangan umum tentang rekayasa perangkat lunak

Untuk mengembangkan perangkat lunak secara memadai, proses pengembangan perangkat lunak harus didefinisikan terlebih dahulu. Usaha yang berhubungan dengan rekayasa perangkat lunak dapat dikategorikan ke dalam tiga fase umum dengan tanpa mempedulikan area aplikasi, ukuran proyek atau kompleksitasnya.

Ketiga fase itu diantaranya: fase definisi (definition phase), fase pengembangan (development phase) dan fase pemeliharaan (maintance phase).

Baca : Tutorial Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Paradigman Rekayasa Perangkat Lunak

Untuk menyelesaikan masalah aktual di dalam sebuah setting industri, rekayasa perangkat lunak atau tim perekayasa harus menggabungkan strategi pengembangan yang melingkupi lapisan proses, metode, dan alat-alat bantu serta fase-fase generik.

Download

Bagi anda yang ingin mendapatkan contoh tugas manajemen perangkat lunak dalam versi lengkap (format PDF) seperti: cover, daftar isi , kesimpulan dan daftar pustaka, silahkan klik disini. Semoga bermanfaat sebagai bahan referensi proposal, kuliah dan makalah.

Bagikan Yuuk!

    One thought on “Contoh Tugas Manajemen Proyek Rekayasa Perangkat Lunak

    1. elirahmadhani hrp December 1, 2016 at

      saya inginbertanya bagaimana cara mengatasi hdd yang error

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website